Daerah  

Forikan Gagas Lomba Masak Serba Ikan

Batusangkar,metrosumatra.com.

Sebagaimana Kamis lalu di Gedung Nasional Maharajo Dirajo Batusangkar berlangsung lomba masak serba ikan yang digagas Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) bersama Dinas Pangan dan Perikanan Tanah Datar.

Lomba tersebut dibuka oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra.SE.MM dan hadir juga kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Tanah Datar, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar, pengurus dan anggota Forikan serta undangan lainnya.

Bupati sampaikan, pemerintah Daerah senantiasa mendukung Program Gerakan Makan Ikan (Gemarikan) karena dinilai turut membantu menciptakan generasi muda Tanah Datar yang handal menyambut Indonesia Emas 2045 akan datang. 

“Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani, merupakan salah salah satu solusi untuk penyediaan gizi yang sehat, terutama bagi keluarga dan juga anak-anak yang nantinya akan menjadi generasi handal Tanah Datar menyambut HUT Indonesia Emas 2045,” ujarnya. 

Dengan lomba masak serba ikan ini, tambah Bupati, akan lahir inovasi dan keragaman panganan ataupun makanan berbahan dasar ikan, sehingga menggugah selera untuk membiasakan makan ikan. 

“Lomba ini juga bisa dimaksudkan untuk mempromosikan bahwa makan ikan baik untuk kesehatan serta kecerdasan dalam keluarga,” sampai Eka Putra. 

Karena itu, tambah Eka Putra lagi, melalui momentum kegiatan itu ia menghimbau kepada seluruh jajaran dan pengurus Forikan Kabupaten, Forikan Kecamatan dan Nagari untuk berperan aktif mensosialisasikan Program Gemarikan. 

“Momentum lomba masak serba ikan Tingkat Kanupaten ini juga menjadi salah satu ajang motivasi bagi Forikan Nagari dan Forikan Kecamatan menampilkan masakan terbaiknya. Insya Allah, Pemerintah Daerah akan mendukung pendanaan nantinya bagi yang juara dan mewakili Tanah Datar di tingkat Provinsi,” tukasnya. 

Sementara Ketua Forikan Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra mengatakan, lomba masak serba ikan dimaksudkan untuk membangun image dan padangan masyarakat untuk membiasakan mengkonsumsi ikan. 

“Ikan merupakan salah satu sumber protein hewani dengan harga relatif murah dan mudah didapati di tengah masyarakat di banding lainnya, karena itu dengan lomba masak yang diikuti 75 Nagari ini diharapkan dapat meningkatkan konsumsi ikan pada masyarakat Tanah Datar,” sampainya. 

Dikatakan Lise, Forikan Tanah Datar bersama instansi terkait akan terus melaksanakan sosialisasi Gemarikan kepada masyarakat Tanah Datar. 

“Saat ini konsumsi ikan masyarakat Tanah Datar terus meningkat dan saat ini berada  pada angka 41.2 kg per kapita. Hal ini tentu akan terus ditingkatkan, karena itu Saya harap Forikan Kecamatan yang baru dikukuhkan berperan aktif di kecamatan masing-masing untuk menyukseskan program Gemarikan,” katanya. 

Hal senada disampaikan Kepala Dinas Pangan dan Perikanan Harfian Fikri, bahwa pelaksanaan lomba masak serba ikan untuk meningkatkan, mensosialisasikan dan memotivasi masyarakat untuk mengkonsumsi ikan. 

“Dengan lomba yang diikuti 75 utusan nagari di 14 Kecamatan, tentunya akan melahirkan inovasi masakan serba ikan yang dapat memotivasi dan meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengkonsumsi ikan,” sampainya. 

Sementara itu perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumbar Lutfi menyampaikan apresiasi terhadap pelaksanaan lomba masak serba ikan di Tanah Datar. 

“Pemerintah Provinsi Sumbar tetap konsisten memperhatikan ketersediaan pangan di tengah masyarakat termasuk ikan. Karena itu kami menyampaikan apresiasi kepada Pemerintah Tanah Datar bersama Forikan yang melaksanakan kegiatan lomba masak ini,” tukasnya. 

Turut hadir kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkungan Pemkab Tanah Datar, Camat dan Wali Nagari se Tanah Datar, pengurus dan anggota Forikan serta undangan lainnya. (Pr/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *