Daerah  

IPHI dan KBIHU Menggelar Silaturrahmi Dengan Jamaah Haji

Pagaruyung,metrosumatra.com.

Di Masjid Nurul Amin Pagaruyung yang dihadiri Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM, Minggu lalu berlangsung silarurahmi akbar dan syukuran Jemaah Haji yang baru kembali dari tanah suci.

Sebagaimana kegiatan ini digelar oleh pengurus Daerah (Pengda) Ikatan Perhimpunan Jemaah Haji Indonesia (IPHI) Tanah Datar dan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji dan Umroh (KBIHU) Luhak Nan Tuo.

Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE, MM yang berkesempatan hadir waktu itu mengaku bahagia karena bisa bertemu kembali dengan Jemaah Haji asal Luhak Nan Tuo setelah kepulangannya dari Makkah Al Mukarramah beberapa waktu yang lalu.

“Senang sekali rasanya, kita bisa berjumpa kembali setelah dua pekan dari Tanah Suci dan berkumpul bersama keluarga masing-masing,” ujar Bupati Eka Putra.

Bupati Eka Putra berharap, para Jemaah Haji asal Tanah Datar agar memotivasi masyarakat melalui pengalamannya selama menunaikan ibadah haji, sehingga terbentuk keimanan masyarakat yang kuat.

“Kepada seluruh Jemaah Haji, mohon dukungan secara langsung atau tidak langsung, untuk memotivasi masyarakat melalui pengalamannya sewaktu menunaikan ibadah Haji, sehingga terbentuk generasi unggul yang bertaqwa kepada Allah SWT,” harapnya.

Disisi lain, Bupati Eka Putra juga menyampaikan permohonan maaf atas layanan jamaah haji tahun ini, karena diwaktu bersamaan Tanah Datar dalam kondisi berduka akibat mengalami bencana. 

“Saya atas nama pimpinan daerah dan pemerintah Tanah Datar menyampaikan permohonan maaf karena keberangkatan haji tahun ini sangat sederhana sekali pelepasannya, tidak seperti biasanya karena kita saat itu sedang berduka akibat bencana,” terangnya.

Namun demikian, tambahnya, berkat doa dan dukungan dari semua pihak termasuk dari para jamaah, bencana tersebut bisa teratasi dan saat ini Tanah Datar harus segera bangkit untuk menata masa depan yang lebih baik lagi. 

Diakhir sambutan, Bupati Eka juga berharap kepada seluruh jamaah haji selalu menjaga silaturahmi dan kekompakan dibawah naungan IPHI salah satu dengan menggelar kegiatan tabligh akbar ini.

Sebelumnya, Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh (PHU) Kementerian Agama Tanah Datar Dafrizon mengatakan pemerintah berupaya melakukan pembinaan, pelayanan dan perlindungan ke Jemaah Haji dengan sebaik-baiknya.

“Alhamdulillah, penyelenggaraan Ibadah Haji tahun ini, dimulai dari keberangkatan, pelaksanaaan, kepulangan dan sebagainya telah berjalan dengan baik, tetapi jika ada kekurangan, kami bermohon maaf,” ujarnya.

Mewakili Kemenag Tanah Datar, Dafrizon juga mengucapkan rasa terima kasih ke Pemda Tanah Datar yang telah menfasilitasidan seluruh pihak yang terlibat atas kontribusi didalam penyelenggaraan ibadah haji di tahun 2024. 

“Tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya, salah satunya banyak Jemaah Haji lansia. Alhamdulillah, semua selamat. Untuk itu, kami ucapkan terima kasih ke seluruh pihak atas kerja kerasnya dan kerjasamanya,” ujarnya.

Turut hadir dikesempatan tersebut Ketua Pengurus Daerah IPHI Kab.Tanah Datar ( Ust.H.Aulia Rijal,Lc,MA ),  Pembina KBIHU Luhan nan Tuo  Drs.H.Syamsul Arifin,M.Pd, dan pengurus, di tutup dengan tausyiah oleh Drs.H.Khairul Anwar,MA, dari Kota Sawahlunto. (Pr/STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *