Agama  

KaKemenag Tanah Datar Memantau Babak Final MTQN Ke-42 Tingkat Kabupaten

Rambatan,metrosumatra.com.

Sebagaimana Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-42 tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2024 yang dilaksanakan di Kecamatan Rambatan telah mencapai babak final.

Sebanyak 12 cabang lomba yang terbagi menjadi 32 sub cabang dilombakan pada MTQN ini selama 5 hari sejak 4 Juli lalu. Babak penyisihan telah dilaksanakan di tanggal 4-7 Juli, sementara sebagian cabang lomba telah menjalani babak final pada Minggu (7/7/2024) dan sisanya pada hari ini, Senin (8/7/2024).

Hadir memantau jalannya lomba, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Datar H. Amril memastikan kelangsungan acara, baik official yang terdiri dari panitia kerja, panitia penyelenggara dan dewan hakim, peserta, serta tempat berlangsungnya acara.

Ditemui di cabang lomba tilawah kanak-kanak dan anak-anak yang berlangsung di Masjid Akbar Galogandang Nagari III Koto Kecamatan Rambatan, H. Amril memantau jalannya lomba didampingi Wali Nagari III Koto.

“Babak final di cabang ini terlihat bakat-bakat qori dan qoriah cilik putra putri Tanah Datar, mereka telah melalui babak penyisihan yang ketat”, ujar H. Amril mengomtari jalannya lomba.

Adapun yang bertanding di final pagi ini adalah 3 peserta putra dan 3 peserta putri dengan nilai terbaik hasil babak penyisihan sebelumnya. “Mudah-mudahan di MTQ ini Tanah Datar banyak mencetak bibit yang berkualitas sehingga mampu bersaing di tingkat provinsi tahun depan”, tutup H. Amril.

Pada Minggu (7/7) sebanyak 7 cabang telah menjalani babak final, yaitu cabang Khat (Kaligrafi) Naskah, Khat Hiasan Mushaf, Khat Dekorasi, Khat Kontemporer di pagi dan siang hari, sementara cabang Qiraat Mujawwad Dewasa, Tilawah Dewasa dan Tartil Umum berlangsung di malam hari.

Adapun pada hari ini (Senin 8/7-red) berlangsung final di cabang Tilawah Lansia, Tartil Eksekutif, Tilawah Kanak-kanak dan Anak-Anak, Murattal Dewasa dan Remaja, Tartil Dasar dan Menengah, Khutbah Jum’at, MFQ, Kitab Standar, Tafsir Bahasa Arab, Tafsir Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia, Hafalan Hadits 100 dengan sanad dan 500 tanpa sanad, Hifzil Qur’an 1 Juz Tilawah dan 5 Juz non Tilawah, Hifzil Qur’an 1 Juz non Tilawah dan 5 Juz Tilawah, Karya Tulis Ilmiah (KTIQ), Tilawah Remaja dan MSQ.

Pengumuman pemenang lomba akan berlansung pada acara penutupan MTQN ke-42 di mimbar utama lapangan hijau Rambatan mulai pukul 20.00 WIB. Berbeda dengan babak penyisihan yang langsung dimumkan hasil nilai peserta setelah sesi tersebut selesai pada masing-masing cabang lomba, di babak final ini pengumuman pemenang dibacakan ketika acara penutupan MTQ. (Kmng/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *