Agama  

MTQN ke 42 Tanah Datar Selesai Sudah, Rambatan Juara Umum

Rambatan,metrosumatra.com.

Usai sudah pelaksanaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an Nasional (MTQN) ke-42 tingkat Kabupaten Tanah Datar tahun 2024 di Kecamatan Rambatan pada Senin malam (8/7/2024). 

Sebagaimana MTQN ke-42 tahun ini berlangsung pada 4-8 Juli 2024, sejumlah venue seperti Masjid dan Sekolah ditentukan sebagai tempat pelaksanaan lomba, sebanyak 12 cabang yang terbagi menjadi 32 subcabang yang diikuti oleh 866 orang peserta ini.

Itulah kata Ketua Harian LPTQ, H. Masnefi beserta panitia lainnya pada malam penutupan berdasarkan Surat Keputusan Dewan Hakim, untuk tiap cabang lomba, selain diperoleh juara 3 besar, juga dibacakan 3 juaran harapan.  

Dalam sambutan Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, H. Amril mengucapkan selamat dan memberikan harapannya kepada para pemenang, “Bahwa MTQ ini bukan hanya sekedar lomba dan mencari pemenang, namun upaya memuliakan Al-qur’an sebagai pedoman hidup kita dalam keseharian. 

Kepada para pemenang kami berpesan untuk terus belajar dan tidak berpuas diri, terus kembangkan diri bahkan jika perlu kita siap bersaing untuk kompetisi di tingkat yang lebih tinggi”, ujar H. Amril.

Surat Keputusan Dewan Hakim kedua juga dibacakan yaitu perihal penetapan juara umum. “Juara umum MTQ Nasional tingkat Kabupaten Tanah Datar ke-42 tahun 2024 Kecamatan Rambatan yang telah mengumpulkan nilai terbanyak adalah : ‘Kecamatan Rambatan’ dengan jumlah nilai : 116”, demikian kutipan SK Dewan Hakim yang dibacakan oleh Koordinator Lomba, H. M. Algafari.

Selain Kecamatan Rambatan yang mempertahankan peringkat, Kecamatan Lima Kaum, Lintau Buo Utara dan Batipuh juga berturut tidak berubah peringkat dari MTQN tahun 2022 lalu. Berikut urutan peringkat Kecamatan beserta nilai yang diraih pada MTQN ke-42 ini :

1. Kecamatan Rambatan (116)

2. Kecamatan Lima Kaum (92)

3. Kecamatan Lintau Buo Utara (60)

4. Kecamatan Batipuh (57)

5. Kecamatan Lintau Buo (30)

6. Kecamatan Sungayang (27)

7. Kecamatan Pariangan (25)

7. Kecamatan Padang Ganting (25)

8. Kecamatan Tanjung Emas (23)

8. Kecamatan Sungai Tarab (23)

9. Kecamatan X Koto (22)

10.Kecamatan Tanjung Baru (21)

11.Kecamatan Salimpaung (19)

12.Kecamatan Batipuh Selatan (9)

Bupati Tanah Datar diwakili Asisten I Elizar pada sambutannya menyampaikan selamat kepada para pemenang dan Kecamatan yang menjadi juara. 

“Terima kasih kepada semua pihak dan masyarakat tanah datar yang membuat MTQ Nasional ke-42 ini berjalan lancar, sukses dan meriah. 

“Selamat kepada para pemenang, semoga kita bisa membawa ini ke MTQ tingkat Provinsi di Bukittinggi tahun depan”, ujarnya menutup even ini. 

Turut hadir pada penutupan ini BPKH Sumatera Barat, Ketua Harian dan pengurus LPTQ, Forkopim Kabupaten Tanah Datar, Forkopim Kecamatan Rambatan, sejumlah Camat, instansi vertikal, Wali Nagari di Kecamatan Rambatan dan tamu lainnya.(STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *