Daerah  

Rakor Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Dihadiri Bupati Tanah Datar

Medan,metrosumatra.com.

Rapat Koordinasi (Rakor) Kesiapan Penyelenggaraan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak Wilayah Sumatera, yang diselenggarakan di Regale Internasional Conventions Centre (RICC), Kota Medan, Selasa (9/7/2024) dihadiri Bupati Tanah Datar Eka Putra, SE. MM.

Rakor tersebut juga diikuti secara langsung Dandim O307 Tanah Datar Letkol Inf. Agus Priyopujo Sumedi, S.I.P, M. Han, Kapolres Tanah Datar AKBP Derry Indra, S.I.K, Kapolres Padang Panjang AKBP Kartyana Widyarso WP, S.I.K, M.AP dan Kepala Badan Kesbangpol Tanah Datar Drs. Herison.

Dikesempatan itu, Menkopolhukam RI Marsekal TNI (Purn) Hadi Tjahjanto, S.I.P berharap seluruh kepala daerah se Pulau Sumatera, TNI, Polri dan seluruh pihak lainnya untuk bersinergi menyukseskan Pilkada serentak yang akan diselenggarakan di tanggal 27 November 2024 mendatang.

Ia pun menegaskan ke seluruh Pemerintah Daerah mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan Pilkada serentak secara sukses. Dengan, menciptakan ketentraman serta ketertiban umum, menjamin ketersediaan anggaran, menjamin hak pilih masyarakat dan lain sebagainya.

“Kita meminta agar Pemerintah Daerah menghindari tumpang tindih wewenang antara Pemerintah Pusat dan Daerah. Tingkatkan peran Forkopimda dalam menjaga stabilitas hukum, politik dan keamanan. Kita juga perlu melakukan pembinaan serta menjaga kerukunan antar suku dan umat beragama,” ujarnya.

Usai menghadiri Rakor tersebut, Bupati Eka Putra mengatakan untuk menghadapi dan mensukseskan Pilkada serentak tahun 2024 ini, Pemerintah Daerah Tanah Datar telah menyiapkan segala sesuatunya.

“Alhamdulillah, Kabupaten Tanah Datar telah memenuhi kewajibannya untuk menyambut Pilkada Serentak. Salah satunya, dengan menyiapkan anggaran kurang lebih sebesar Rp. 42.257.691.000. Hal ini, sejalan dengan penekanan dari Mendagri sebagai narasumber pada Rakor tersebut,” ujarnya.

Tidak hanya itu, Bupati Eka Putra mengimbau seluruh lapisan masyarakat untuk senantiasa mengedepankan unsur-unsur Pilkada Badunsanak dalam menyambut pesta demokrasi tersebut.

“Didalam rakor tadi, juga disinggung untuk menjaga perdamaian antar masyarakat dalam menyambut Pilkada Serentak. Untuk itu, kita mengimbau ke seluruh lapisan masyarakat agar melaksanakan Pilkada Serentak secara Badunsanak. Kita yakin, masyarakat Tanah Datar sudah dewasa dalam berpolitik,” tukasnya. (Pr/STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *