Seksi PHU Kantor Kemenag Tanah Datar Laksanakan Sosialisasi Haji Muda dan Dini di MTsN I Tanah Datar

Batusangkar,metrosumatra.com.

Kamis (20/6/2024) lalu bertempat di ruang kelas MTsN 1 Tanah Datar berlangsung Sosialisasi Haji Muda dan Dini yang diikuti oleh sebagian besar siswa kelas VIII, dilakukan Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Datar.

Hadir sebagai pembicara Kepala Kantor Kemenag H. Amril, Kepala Seksi PHU Joni Roza, Kepala Cabang Bank Nagari Syariah Batusangkar Dewi Purnama beserta staf serta pembawa acara dari staf Seksi PHU, Roki Ardinal.

Sebagaimana Kepala MTsN 1 Tanah Datar, Nelda Hayati mengumpulkan siswa kelas VIII yang dinilai usia ideal untuk memperkenalkan ibadah haji dan proses pendaftarannya.

H. Amril dalam kegiatan itu menyampaikan pengenalan ibadah haji serta penyelenggaraanya mulai dari kuota yang diberikan, mekanisme pendaftaran dengan nomor porsi serta cara pendaftaran termasuk syarat-syaratnya.

H. Amril kemudian menerangkan kepada para siswa pentingnya pengenalan dan pendaftaran ibadah haji sejak usia muda. “Saat ini kalau kita mendaftar haji tahun ini, kita baru mendapat porsi untuk berangkat haji 24 tahun kemudian, jadi kalau anak-anak kelas VIII yang rata-rata usianya 15 tahun lalu mendaftar haji tahun ini, baru akan berangkat nanti di usia 39 tahun”, ujar H. Amril.

Selain itu, disampaikan juga bahwa ibadah haji bukan hanya ibadah rohani saja, melainkan ibadah fisik dimana rukun-rukun haji yang dilakukan lebih banyak memerlukan fisik yang baik lagi sehat. Pentingnya melaksanakan ibadah haji selagi muda menjadi penting sebab ketika kita sudah tua baru melaksanakan ibadah ini, akan ada saja potensi keterbatasan dalam mengerjakan rukun haji.

Di sesi berikutnya, Joni Roza menyampaikan pendalaman materi haji seperti problematika yang dihadapi selama penyelenggaraan haji, misalnya dominasi jamaah lansia, jamaah beresiko tinggi, lamanya waktu tunggu, dan istitha’ah Kesehatan Syarat Pelunasan Tahun 2024.

Tidak kalah penting permasalahan biaya yang tidak sedikit menjadi bahan pertimbangan sejak dini. “Menunaikan haji jika mampu itu termasuk mampu fisik dan mampu dari segi keuangan, untuk itu mendaftar haji sejak dini merupakan solusi dan investasi dunia dan akhirat yang perlu dipertimbangkan anak-anak dan orang tua sejak dini’, ujar Joni Roza.

Terakhir Plt. Kepala Seksi PHU ini juga memberikan langkah-langkah untuk mempersiapkan diri untuk mendaftar haji. Ia juga berpesan agar sosialisasi ini disampaikan ke orang tua di rumah serta ke siswa lainnya yang belum berkesempatan mengikuti sosialisasi ini.

 “Kami dari Kemenag sebagai instansi penyelenggara ibadah haji berharap di kesempatan ini anak-anak sekalian sudah mampu berfikir sedari sekarang untuk berhaji, kami sengaja menyasar generasi muda, khususnya Gen Alpha karena melihat antrian, jika anak-anak sekalian mendaftar dalam waktu dekat ini maka saat berangkat nanti usia anak-anak kami sedang dalam usia ideal untuk menunaikan haji.

Mudah-mudahan pertemuan ini membawa manfaat bagi kita semua, dan mari berdo’a agar niat dan jalan kita untuk menunaikan ibadah haji dipermudah oleh Allah SWT”, tutup Joni Roza.

Di sela penyampaian materi, Bank Nagari Syariah juga mempromosikan Tahari Junior, produk tabungan yang ditujukan untuk anak usia di bawah 18 tahun dalam mata uang rupiah dan yang tercantum di buku tabungan adalah nama anak untuk melunasi Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji/ Umrah (BPIH). (Kmng/STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *