Daerah  

Setalah DPC- AWI Tanah Datar Beberapa Kabupaten/Kota Lain Akan Menyusul

Solok,metrosumatra.com.

Aliansi Wartawan Indonesia (AWI) bakal hadir di Sumatera Barat dan beberapa Kabupaten/Kota, dimana telah diawali dewan pimpinan cabang (DPC-AWI Kabupaten Tanah Datar.

Sebagaimana disampaikan Ketum DPP AWI Drs Syamsuddin HA MM ke metrosumatra.com via WA nya bahwa AWI punya visi,  untuk meningkatkan profesionalisme wartawan dan memajukan kualitas jurnalisme di Indonesia. 

AWI berkomitmen untuk mendukung kebebasan pers, etika jurnalisme yang baik, dan meningkatkan kapasitas wartawan melalui pelatihan dan pendidikan. Mencakup advokasi untuk hak-hak wartawan dan memperjuangkan transparansi serta akuntabilitas dalam pelaporan berita, dengan tujuan akhir adalah menciptakan informasi yang akurat dan terpercaya untuk masyarakat

Sedangkan misi AWI kata Ketum, Meningkatkan Profesionalisme: AWI berupaya untuk meningkatkan kemampuan dan profesionalisme wartawan melalui pelatihan, workshop, dan seminar yang mendalam tentang teknik jurnalisme, etika, dan hukum yang berlaku.

Advokasi Hak Wartawan: Melakukan advokasi untuk hak-hak wartawan, termasuk kebebasan berbicara dan melindungi wartawan dari intimidasi dan kekerasan dalam menjalankan tugasnya.

Mendorong Jurnalisme Berkualitas: Misi ini termasuk mendorong produksi berita yang akurat, berimbang, dan mendalam untuk meningkatkan kepercayaan publik terhadap media, Mengampanyekan Etika Jurnalisme: AWI berkomitmen untuk mengampanyekan pentingnya etika jurnalisme dan memerangi berita palsu atau hoaks yang dapat merusak kepercayaan publik.

Lalu memperluas Jangkauan dan Akses Informasi: AWI juga mencakup memperluas akses terhadap informasi yang beragam dan penting bagi masyarakat, serta meningkatkan literasi media di kalangan publik.

Kolaborasi dan Kemitraan: Membangun jaringan yang kuat antar wartawan, dan lembaga media serta kerjasama dengan pemerintah, organisasi non- pemerintah, dan sektor swasta untuk mendukung praktik jurnalisme yang sehat.

Drs Syamsuddin HA MM pun berharap kepada Ketua DPC-AWI Tanah Datar merupakan cikal bakal awal berdirinya AWI di Sumatera Barat dan bantulah kami merekrutmen Wartawan yang ingin bergabung sekaligus membentuk kepengurusan DPC- DPC di Sumatera Barat.

Zaimon.SH penasehat metrosumatra.com ketika ditemui di kediamannya Koto Baru Solok sampaikan dukungannya dan akan ikut membantu besarkan AWI di Sumatera Barat, dan untuk markas atau sekretariat mamfaatkanlah kantor Advokat saya, semangatnya.

Sulistiyo.SH dewan penasehat DPC-AWI Tanah Datar didampingi Ketua DPC AWI Tanah Datar Masriwal sampaikan semangatnya untuk merekrutmen wartawan yang ingin bergabung ke AWI dan sekaligus membentuk DPC AWI Kabupaten dan Kota.

Dimana kata Sulistiyo sekarang telah ada lima Kabupaten/Kota bersedia dirikan DPC ,seperti Pasaman Barat, Pasaman, Dharmasraya, Payakumbuh dan Sijunjung dan nama itu telah kita sampaikan ke DPP AWI. (Ef/M).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *