News  

Musyawarah Nagari Tanjung Bonai Pedomani RPJMD Tanah Datar Tahun 2021 – 2026

Lintau, metrosumatranews.com. Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Keluarga Berencana (PMDKB) Kabupaten Tanah Datar Drs. Nopenril menegaskan, dalam penyusunan Rencana Kerja Pembnagunan (RKP) skala prioritas tingkat Nagari hindari adanya kepentingan sepihak atau “ ego sektoral, ego jorong, akan tetapi benar benar menopang kebutuan masyarakat secara berkeadilan.

“ Jika pembangunan itu hanya menumpuk pada suatu jorong saja berarti tim penyusunan hasil Musyawarah Nagari (Musnag) belum menempatkan skala peioritas kepada pembnagunan yang berkeadilan”, tuturnya.

Hal itu di tegaskan Drs. Nopenril selaku ketua Tim pembina Musnag Tanah Datar dalam acara Musyawarah Nagari Tanjung Bonai, Kecamatan Lintau Buo Utara,  di Aula Muallimin Muhammadiyah Tanjung Bonai Rabu 23/6/2021.

Hasil Musyawarah Nagari tahun 2021 ini selain rencana kerja tahun 2022 yang akan di danai oleh Dana Nagari,  tersusun pula  rencana usulan Pembangunan yang akan dilaksankan melalui APBD Kabupaten, APBD provinsi dan APBN.

Bahkan setiap Nagari agar segera melakukan Reviw RPJM Nagari yang mempedomani RPJMD Tanah Datar tahun 2021 – 2026, sesuai dengan visi dan.missi Daerah, yakni peningkatan Adat dan Budaya, peningkatan ekonomi dan perluasan lapangan kerja, peningkatan kualitas sumberdayaanusia, lalu

Peningkatan Pariwisata, selaras dengan Adat, Budaya dan Agama, semua itu harus ditopang dengan peningkatan Tata kelola pemerintahan yang bertanggung jawab, mulai dari Nagari, dibarengi pula dengan peningkatan infra struktur dan peningkatan pertumbuhan ekonomi dan sumberdaya manusia yang  baik, ungkapnya menjelaskan, petunjuk tehnis tentang itu sudah diturunkan kepada Wali Nagari, katanya menambahkan.

Sebelumnya Wali Nagari Tanjung Bonai Lutfi, Spd Dt Majo Besar didepan tim kabupaten dan peserta Musnag  menyampaikan akibat pendemi covid 19 berpengaruh besar kepada pelaksanaan pembangunan Nagari, menyebabkan rencana kerja yang disusun tahun 2020 lalu banyak yang tidak dapat dterlaksana akibat pengalihan dana pembnagunan menjadi dana penanggulangan corona, pengalihan tersebut antara lain untuk pemberian makanan tambahan, program BKB, Pedoman SDGS dan lain lain, kata Wali Nagari Lutfi melaporkan.

Pada kesempatan itu hadir anggota tim pembina Musnag Kabupaten Tanah Datar yang terdiri OKP dinas instansi Kabupaten,seklaigus akan akan berperan sebagai nara sumber peseta Musnag terutama dalam diskusi kelompok, didang Fisik Sarana dan Prasarana, bidang Ekonomi dan bidang Sosial Budaya.

Pada kesempatan ikut hadir  dan.ikut memberikan arahan anggota DPRD Tanah Datar Jonedi Compol, Camat Lintau Buo Utara Drs. Zulkifli, S.Sos,  bersama Forkopinca, Danramil dan Kapulsek Lintau Buo Utara ( Ird / STM)

Print Friendly, PDF & Email