News  

Lazismu Kota Payakumbuh Kian Dipercaya

Serah terima ketua Lazismu Payakumbuh dari H.Amril Ilza, S.IP (kanan) ke Drs. H.Elnigra Dt.Cumano (kiri) disaksikan Ketua PDM Payakumbuh Periode 2022-2027, Dr. H.Irwandi Nashir (dua dari kanan) dan Ketua PDM Payakumbuh sebelumnya, Drs.Ahsril Syamsu(dua dari kiri).
Lazismu Kota Payakumbuh Kian Dipercaya

Payakumbuh,metrosumatranews.com.

Lembaga Amil Zakat Infak dan Shadaqah Muhammadiyah (Lazismu) Kota Payakumbuh kian dipercaya para muzakki (pemberi zakat) untuk menyalurkan zakatnya.

Selain penyaluran zakat produktif untuk pemberdayaan ekonomi masyarakat, Lazismu Kota Payakumbuh juga rutin setiap tahun menyalurkan bantuan pendidikan untuk pelajar dan mahasiswa.

Dari mahasiswa yang dibantu itu lebih dari 350 orang telah bekerja dan telah menjadi muzakki atau donatur Lazismu Payakumbuh. Dari sisi administrasi dan pelaporan Lazismu Payakumbuh telah menyatakan kesediannya untuk diaudit pada tahun 2023 ini.


Demikian disampaikan Ketua Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Kota Payakumbuh Buya Dr. H.Irwandi Nashir,saat serah terima pengurus Lazismu Kota Payakumbuh untuk periode 2022-2027, Jum’at (28/7/2023), di Kantor PDM Payakumbuh.


Ketua Lazismu Payakumbuh periode 2015-2022, H.Amril Alza, S.IP, dalam laporannya menyampaikan, Lazismu Kota Payakumbuh adalah kelanjutan dari Badan Pengelola Urusan Zakat Infak dan Sadaqah (BPUZIS). “BPUZIS berdiri pada 2 Mei 1995 dibawah naungan Pimpinan Daerah Muhammadiyah Payakumbuh-50 Kota. Saat itu,PDM Kota Payakumbuh masih bergabung dengan Kabupaten 50 Kota,” jelasnya.


H.Amril Alza menyebut penerimaan dan penyaluran zakat terus meningkat kecuali saat pandemi Covid-19 pada 2019 dan 2020. Terkait akuntansi keuangan.

Dijelaskannya Lazismu Payakumbuh telah melakukan penataan administrasi sesuai PSAK (Pernyataan Standar Akuntansi Keuangan) tentang Akuntansi Zakat.

Ditambahkannya, pada tahun 2019, Lazismu Kota Payakumbuh memperoleh penghargaan “Lazismu Sumbar Award” sebagai Lazismu terbaik untuk kategori Pertumbuhan Penghimlunan dan Pelaporan Terbaik. Tahun 2020, jelas H.Amril, Lazismu Kota Payakumbuh telah diaudit oleh Akuntan Publik sejak tahun 2020 dan meraih opini WTP (Wajar Tanpa Pengecualian).


Sementara itu, Ketua Lazismu Kota Payakumbuh periode 2022-2023, Drs.H.Elnigra Dt.Cumano, menargetkan penerimaan Zakat Infak Shaqah (ZIS) berada pada kisaran 1 milyar lebih. “Untuk mencapai target tersebut diperlukan partisipasi kita bersama untuk terus mempromosikan Lazismu Payakumbuh kepada donatur atau muzakki agar mereka menyalurkannya melalui Lazismu Payakumbuh.(STM/Irw)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *