Agama  

30 Ekor Sapi Qurban di Masjid Nurul Ikhlas Nan IX Dengan Manajemen Kebersamaan

Salimpaung,metrosumatranews.com.                                  Sudah bertahun-tahun lamanya manejemen pelaksanaan Qurban secara kebersamaan di Jorong Nan IX Nagari Salimpaung berjalan lancar dan sukses.

Dengan arti kata sesudah pelaksanaan Qurban tak satupun ada perbincangan tentang kekurangan atas pelaksanaan, baik tentang panitia, peserta sampai pembagian daging.

Sebagaimana kata salah seorang panitia Alan kepada metrosumatranews.com selasa lalu, bahwa panitia inti Qurban itu sudah baku yang ada di seksi Qurban dalam pengurus masjid, dan panitia tersebutlah menyusun anggota panitia setiap kelompok kerja, setiap kelompok perseekor sapi 4 orang, setelah itu baru rapat teknis pelaksanaan bersama peserta Qurban beserta tokoh yang ada di Jorong Nan IX.

Alam pun sampaikan, karena sudah kebiasaan panitia sehingga hasil kerja sukses, termasuk dalam pembungkusan daging tidak ada terjadi dalam bungkus hanya ditemukan daging saja atau cancang saja, sebab sebelum dibungkus semua dipisah ditimbang lalu dibagi berapa jatah bungkus perkelompok.

Begitu pula pembagian untuk masyarakat, sebelumnya didata jumlah kepala keluarga yang ada di Jorong, lalu panitia inti membagikan kupon dan kupon itulah pengambil bungkusan daging, begitu pula peserta Qurban dapat kupon yang sama diantara peserta, panitia dan anggota pun dapat kupon, semua ini adalah keputusan dalam rapat bersama.

Juga menurut Alan, dengan bertahannya manajemen tersebut peserta Qurban sudah banyak warga kita yang dari rantau, sehingga dari tahun ke tahun jumlah terus meningkat, dan memang dari mushala atau surau yang ada dijorong tidak melaksanakan qurban, semua berpusat ke Masjid Nurul Ikhlas Jorong Nan IX Nagari Salim paing. (STM)




Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *