News  

40 Hari KKN IPB di Nagari Salimpaung, Camat dan Wali Nagari Harap KKN Berlanjut

Salimpaung, metrosumatranews.com.    Program Mahasiswa KKN-T Institut Pertanian Bogor (IPB) di Nagari Salimpaung selama 40 hari terlaksana baik, walaupun waktu KKN habis berharap bisa meninjau  tentang ilmu yang diberikan ke kelompok tani.

Itulah yang disampaikan oleh Camat Salimpaung diwakili Sekcam Erman. S. Sos dan Wali Nagari Salimpaung Drs. Marjohan dalam acara penutupan KKN-T Tanah Datar 03 di aula KAN Salimpaung Jum”at (06/08/2021).

Sebelumnya ketua KKN-T Tanah Datar 03 Setio Agung Perdana sampaikan, selama 40 hari kami melakukan program ditengah masyarakat Nagari Salimpaung sangat banyak kami dapat ilmu yang bermanfaat, dan sehingga begitu tingginya perhatian masyarakat,tokoh,pihak sekolah, kepala jorong dan instansi lainnya program kami bisa bekerjasama.

Setio Agung Perdana paparkan
5 program utama terlaksana, pengolahan pakan ternak sapi, fermentasi sayur-sayuran, jerami dan terapkan K3 dikandang di Tanjung lurah Nan II Suku, pemamfaatan kotoran sapi jadi pupuk untuk suburkan lahan pertanian.

Selanjutnya program penyuluhan tentang covid-19 berikan kepercayaan masyarakat untuk melaksanakan vaksin, juga menganjurkan pakai masker jaga jarak jangan berkerumunan, sering cuci tangan.

Juga kata Ketua KKN, Program literasi digital pemamfaatkan teknologi canggih dunia digital , pogram edukasi mitigasi bencanna alam dg prubahan alam dan program desain packaging produk saus tomat karena peluang di Salimpaung sangat memungkinkan, juga program tambahan penyuluhan pertanian.

Koordinator wilayah KKN-T tanah Datar Adriani melalui video zoom juga sampaikan, dalam masa pandemi covid-19 ini masih semangat laksanakan program KKN membantu masyarakat di desa dalam potensi yabg ada, dan ini tentu tergantung kerjasama   masyarakat setempat, terimakasih kami pihak kampus untuk masyarakat dan pihak instansi yang membantu program KKN dan apresiasi kepada mahasiswa kami.

Wali Nagari Salimpaung Drs. Marjohan dalam sambutannya sampaikan,kami ucapkan terimakasih kepada Mahasiswa KKN-T IPB di Nagari Salimpaung, sebagaimana program yang dilaksanakannya mencapai 100 parsen, walaupun apa yang didapat ilmu di kampus belum semua bisa diterapkan di tengah masyarakat, apalagi setiap daerah berbagai kebiasaan atau tradisi masyarakat, ilmu yang didapat tengah masyarakat adalah untuk masa depan, walaupun hidup bekerja di kantor.

Drs. Marjohan juga berharap ke kampus IPB laksanakan KKN selanjutnya atau tahun berikutnya , dan kami juga minta maaf kalau ada pelayanan kurang di tengah masyarakat kami, yang kurang tinggalkan dan jangan bawa ke kampus.

Erman. S. Sos selaku Sekcam Salimpaung dalam sambutannya juga berharap ke kampus IPB, untuk tahun akan datang dapat pula ber KKN di Nagari yang belum di Kecamatan Salimpaung Tabek Patah, Lawang Mandahing,Supayang,situmbuk dan Sumanik.

Erman juga berharap kepada Mahasiswa KKN, walaupun masa KKN habis dan pulang kampung, sekali-sekali tinjau lah kelompok tani yang diberikan ilmu apakah prakteknya berjalan, dan kami atas nama Kecamatan Salimpaung mengucapkan terimakasih yang telah berikan ilmu kepada kelompok tani dalam peningkatan pertanian, dan mahasiswa lahirkan lah lapangan kerja sendiri karena melihat kondisi masa sekarang.(STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *