Andaleh Baruh Bukik Punya Objek Wisata Andalan

Sungayang,metrosumatranews.com.         Indahnya Nagari Andaleh Baruh Bukik Kecamatan Sungayang Kabupaten Tanah Datar terlihat dari Puncak Pato Batu Bulek Kecamatan Lintau Buo Utara, masih banyaknya rumah gadang (rumah adat) berdiri tegap yang sejuk dipandang.

Sebagaimana Nagari Andaleh Baruh Bukik Sungayang yang berbatasan dengan Batu Bulek Lintau Buo Utara tepatnya Puncak Pato, Andaleh punya objek wisata alam yang belum banyak orang menikmatinya, sementara keindahannya dan daya tariknya tidak ketinggalan dari tempat lain.

Itulah kata beberapa generasi Andaleh Baruh Bukik kepada metrosumatranews.com Jum’at lalu di Puncak Pato sambil nikmati pemandangan indah ke arah Batusangkar.

Menurut Andi di Nagari Andaleh Baruh Bukik banyak objek yang disajikan kepengunjung, diantaranya Lereng marapalam dengan berjejer nya penjeja kuliner khas daerah, Lantai batu ( air terjun keluar dari batu), Murai Athin ( Aie terjun ditepi bukit) dan Air terjun sipuluik ( Aie terjun d lereng bukit).

Disamping itu Andaleh Baruh Bukik pun daerah produsen gula aren/ semut, bisa dinikmati atau dijumpai sepanjang jalan kepuncak Pato, juga ada kuliner kerupuk kolang Kaling dan buah tab (buah aren).

Andi yang didampingi kawannya pun sampaikan, bahwa Andaleh Baruh Bukik punya lahan yang subur, sehingga banyak menghasilkan tanaman sayur-sayuran dan miliki hawa sejuk.(STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *