APPATAR TERBENTUK DI RUMAH GADANG SUMPUR BATIPUH SELATAN DENGAN TUJUAN MEMBANTU PEMERINTAH DALAM PENGEMBANGAN PARIWISATA

Batipuh Selatan,metrosumatranews.com.     Hanya bermula dari Pelatihan yang dilaksanakan oleh Dinas Parpora Kabupaten Tanah Datar September 2020 lalu di Hotel Emersia Batusangkar, peserta pelatihan sepakat akan mempermanenkan dan membentuk organisasi sosial kemasyarakatan di Tanah Datar.

Masriwal selaku Panitia Pelaksana juga sampaikan, apalagi termutivasi oleh Kabupaten Sijunjung ketika Study ke Geopark Silokek, disana untuk pemandu pengunjung yang datang ke objek yang ada di Silokek dilakukan oleh suatu Himpunan Pokdarwis yang ada di Silokek.

Apalagi kita di Tanah Datar dengan jumlah objek wisata lebih 150 dan hanya beberapa objek wisata saja yang dikenal dan dikunjungi wisatawan luar daerah, dan ini perlu kiita kelola dengan kebersamaan antara kita pelaku dan pemerintah daerah, namun tentu butuh organisasi sosial masyarakat yang permanen,kata Masriwal.

Namun, walaupun dalam kepengurusan ada Ketua,Wakil,Sekretaris,bendahara dan Bidang, dalam melaksanakan program tentu kita semua, dan mari kita saling ngisi mengisi, kalau ada kekurangan tolong beri masukan dan solusinya, sebab organisasi ini dari kita untuk kita,imbuh ketua terpilih Masriwal.

Semangat yang luar biasa tersebut dihadiri pertemuan 43 orang itu sepakat membentuk organisasi sosial kemasyarakatan bernama ÔÇťAsosiasi Pelaku Pariwisata Tanah Datar (APPATAR) dan dilakukan pemilihan pengurus secara lansung yang dipimpin oleh Yoni Andra.

Peserta rapat sepakat menunjuk Masriwal STM selaku Ketua dan Wakil Ketua Yoni Andra, sementara Sekretaris adalah Rido Ikhlas Wakil Sekretaris Ikke Ramadhani Nelson dan Bendahara Yenti, juga beberapa Bidang dan seksi.

Kabid Pariwisata Efrison yang diwakili Renti dalam sambutannya sampaikan, bahwa dengan timbulnya silaturrahmi ini dari bawah atau peserta pelatihan September lalu dalam pembentukan orgonisasi kami sangat mendukung, sehingga nantinya organisasi ini akan membantu program pemerintah dalam kepariwisataan Tanah Datar.

Kamrita selaku pemilik Homestay Rumah Gadang sebelumnya juga sampaikan atas bangganya para pelaku objek wisata se Tanah Datar kompak dalam membentuk organisasi sosial, mudah-mudahan berjalan dengan sukses dalam membantu program pemerintah daerah Tanah Datar.

Del dari Istano Pagaruyung pun sampaikan kebanggaannya atas pertemuan ini terlaksana, sebab keinginannya sudah lama bagaimana kebersamaan untuk pengembangan pariwisata Tanah Datar ini lahir, karena banyak kekurangan kita dalam pengembangan atau dalam penjualan objek wisata.

Selama ini kita bingung ketika para pengunjung Istano Basa Pagaruyung diarahkan kemana dia kunjungi objek wisata, kalau organisasi ini ada dengan melibatkan semua potensi yang ada akan gampang bagi kita mengarahkan para pengunjung ke objek wisata lainnya termasuk sovenir yang akan dijual juga Homestay tempat penginapan.(Boy)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *