Aua Sarumpun Geopark Festival Disaksikan 9.000 Pengunjung dan Uang Beredar Selama Event Sekitar Rp.350 Juta

Rambatan,metrosumatranews.com.

Aua Sarumpun Geopark Festival 2022, rangkaian ke dua, dari  program unggulan  Satu Nagari Satu Event ditutup secara resmi oleh Bupati Tanah Datar yang diwakili Drs. Abrar Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Minggu (22/05/2022).

Bupati Tanah Datar sangat mengaresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada Panitia Pelaksana, Walinagari dan Kurator dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung yang telah berhasil melaksanakan, menggali melestarikan dan mengangkat potensi UMKM Nagari melalui program unggulan Satu Nagari Satu Event

Dengan keberhasilan Aua Sarumpun Geopark Festival 2022, Bupati minta  panitia tidak berpuas diri, tapi lakukan evaluasi agar  event ini dapat menjadi event tahunan dan dapat kembali dilaksanakan tahun depan, dengan lebih profesional dan dapat menarik wisatawan lebih banyak lagi

Menurut Bupati, berdasarkan laporan panitia,   tujuan pelaksanaan Satu Nagari Satu Event untuk melestarikan,  memajukan budaya daerah  dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat telah dapat tercapai, dibuktikan dengan banyaknya jumlah kunjungan dan uang yang beredar pada persiapan dan selama pelaksanaan event.

“Dengan keberhasilan pelaksanaan program Satu Nagari satu Event, Pemerintah Kabupaten Tanah Datar, akan terus mengembangkan dan melaksanakan program unggulan Satu Nagari Satu Event. Pada tahun 2022  baru ada 14 nagari,  akan ditingkatkan menjadi 50 nagari pada tahun 2023, ujar Bupati.

Dijelaskan Bupati, pelaksanaan Satu Nagari Satu Event salah satu bentuk perwujudan pariwisata berbasis masyarakat, karena  masyarakat langsung yang melaksanakan event. “Pariwisata berbasis masyatakat merupakan salah satu strategi pengembangan pariwisata Tanah Datar”, ujar Bupati . 

Walinagari  III Koto Willy Adha dalam sambutannya melaporkan, pelaksanaan Aua Sarumpun Geopark Festival disaksikan lebih kurang 9.000 pengunjung dan uang yang beredar  selama pelaksanaan event sekitar 350 juta.

“Aua Sarumpun Geopark Festival  digelar selama dua hari,  menampilkan berbagai seni budaya dan kearifan lokal,   yang ditampilkan oleh sanggar sanggar seni yang ada di nagari III koto dan sekolah-sekolah se kecamatan rambatan, pameran/ bazar makan spesifik Nagari III Koto, Pemeran UMKM, lomba foto wisata, terang Willy .

Sementara itu Agung Indriyanto Kepala Dinas Parpora Kabupaten Tanah Datar yang didampingi Efrison Kabid Pariwisata ditempat terpisah mengatakan, sudah 2 program Unggulan  Satu Nagari Satu Event terlaksana dengan sukses dan lancar, yaitu Sepekan Alek Anak Nagari Andaleh Kecamatan Sungayang dan Aua Sarumpun Geopark Festival Kecamatan Rambatan, event selanjutnya adalah Pesona Pariangan Nagari  Terindah yang dilaksanakan pada tanggal 25 dan 26 Juni 2022.(STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *