News  

Berkat Serapan Aspirasi ke Ketua DPRD Akhirnya ADD Tersalurkan di Kuansing

Kuansing,metrosumatranews.com.
Kendati di hari-hari akhir masa kerja di sebelum libur Idul Fitri, namun Forum Kepala Desa Kabupaten Kuantan Singingi dan Forum BPD Kabupaten Kuantan Singingi patut berterimakasih kepada Ketua DPRD Kuansing Dr Adam SH MH yang telah memperjuangkan hak-hak para penyelenggara pemerintahan.

Ya, mulai penyelenggara pemerintahan dari tingkatkan kabupaten hingga pedesaan. Sehingga para ASN, Kepala Desa beserta perangkat dan Ketua BPD beserta anggota telah menerima haknya dari Januari hingga Maret, Rabu (27/4/2022). Yang diterima sebelum lebaran.

Apresiasi disampaikan langsung Ketua Forum BPD Kuansing Domestika Rizona. Ia menilai, desakan yang disampaikan Ketua DPRD Kuansing Dr Adam SH MH kepada Pemkab Kuansing agar membayarkan hak para ASN, perangkat desa dan anggota BPD telah membuat pihak terkait menggesa pencairan Alokasi Dana Desa (ADD), yang diperuntukkan untuk gaji penyelenggara pemerintahan di pedesaan.

“Alhamdulillah, sudah kami terima dan sangat besar manfaatnya. Apalagi menghadapi situasi menjelang lebaran. Kami dari Forum BPD Kuansing mengucapkan terima kasih kepada Ketua DPRD Kuansing Bapak Adam yang telah mendesak Pemkab untuk mempercepat proses pencairan tunjangan kesejahteraan pegawai dan hak-hak kami di desa,” ucap Domestika Rizona kepada wartawan, Rabu kemarin.

Dan begitupula disampaikan Ketua Forum Kepala Desa Kuansing, Solehudin. Ia juga menyampaikan ucapan terimakasih kepada (Ketua DPRD Kuansing) dan semua pihak yang peduli dan terlibat di dalam proses pencairan ADD pada Rabu ini.

“Diharapkan kepada rekan-rekan kita di desa supaya kedepannya lebih giat dan aktif lagi untuk berkoordinasi dan menyampaikan terkait semua aspirasi yang ada di desa. Terima kasih atas perjuangannya,” ucap Solehudin.

Dan Ketua Forum Kepala Desa Pangean, Lion Miskanto juga megakui, bahwa desakan dari Ketua DPRD Kuansing agar semua hak para penyelenggara pemerintahan hingga desa bisa segera dicairkan sebelum lebaran tiba.

“Kami akui itu. Tanpa ada tekanan dari Pak Ketua Adam, belum tentu kami menikmati hak ini secara penuh. Alhamdulillah, sekarang kami sudah lega. Dan bisa berencana memasuki lebaran ini,” ucap Lion, terpisah.

Sementara itu, Sekda Kuansing Dedi Sambudi menyampaikan, bahwa mayoritas desa di Kuansing sudah dibayarkan haknya. Termasuk juga tunjangan kesejahteraan alias TPP ASN, juga sudah dibayarkan.

“Masih ada 8 desa yang belum disalurkan, karena masih dalam proses verifikasi di dinas sosial dan PMD. Dan untuk TPP ASN, sudah disalurkan ke semua ASN,” kata pria asal Kampar tersebut.

Senada dengan itu, Plt Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kuansing Andi Zulfitri ST MSc menyampaikan, bahwa pihaknya sudah melakukan pencairan ke rekening masing-masing desa berupa  Alokasi Dana Desa (ADD) di Kabupaten Kuantan Singingi yang berjumlah sebanyak 210 desa dari 218 desa minus 8 desa.

“Karena 8 desa tersebut belum menyelesaikan persoalan di desanya masing-masing, terutama menyangkut penyelesaian Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBdes) sudah,” katanya.(H).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *