News  

Bupati Kuansing Mengajak Masyarakat Mengembangkan Budidaya Pertanian

Kuansing,metrosumatranews.com. Bupati Kuansing, Andi Putra mengajak masyarakat untuk mengembangkan budidaya pertanian.

Hal itu dikemukan Bupati Andi Putra, saat panen perdana buah melon, semangka, dan lainnya di Taman Agrowisata yang terletak di kawasan lingkungan tinggal Bupati di bilangan Desa Koto Teluk Kuantan Kamis pagi.

Di acara tersebut Kurnia Almizon, petani pengelola agrowisata buah di kebun menyebutkan, ternyata tananan buah bisa tumbuh dengan baik di Kuansing seperti melon, semangka, labu dan lainnya. Dan bibit produksi panah merah , Ternyata tumbuh dengan baik. Kurnia Almizon, yang tampak terharu atas keberhasilan ini.

Sedangkan Randi Renaldi, dari Benih Cap Panah Merah mengaku akan mendukung penuh petani di Kuansing.

Demikian juga Okto, dari PT Bayer fokus pada perawatan pasca tanam. Pihaknya akan membantu petani yang mengembangkan usaha pertanian, jelasnya.

Randi juga menjelaskan , produk panah merah seperti semangka dan melon siap di panen umur 60 hari, model baru semangka gunakan lanjaran, padahal selama ini pola lesehan, dan alhamdulillah berhasil, jelas Randi.

Dijelaskan lagi, ada 2 desa Kuantan Sako dan Muara Lembu yang siap mengeksekusi kegiatan ini.

Sedangkan Bupati diakhir pengarahan minta Dinas Pertanian untuk mendata petani jangan asal-asalan, ujar Andi Putra.

Menurit Bupati, kebun buah ini bisa membangkitkan ekonomi masyarakat. Ini bagian dari visi misi Andi Putta – Suhardiman yaitu untuk membangkitkan ekonomi masyarakat.

“Inilah dasar saya untuk mengembangkan usaha ini. Dan atas pengelolaan yang profesional petani handal Kuansing Kurnia Almizon sukses mengembangkan usaha ini. Semua memanfaatkan potensi alam yang ada,” kata Andi Putra.

Dinas Pertanian harus tanggap, menjalin kerjasama dengan banyak pihak, sehingga lahan tidur yang ada bisa dimanfaatkan secara optimal, dan ekonomi masyarakat akan bangkit di tengah pandemi covid 19 ini, tegas Andi Putra.

“Saya akan berikan PR besar pada Dinas Pertanian, untuk bisa mengembangkan hal ini secara menyeluruh,” kata Andu

Hadir pada acara tersebut Kabid Holtikultura, Plt Kadis Perikanan, Kadis DLH dan puluhan petani dari bernagai daerah di Kuansing.(Hari)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *