News  

Bupati Tanah Datar Tandatangani Prasasti Pertanda Pasar Rakyat Beroperasi

Salimpaung,metrosumatranews.com.
Sebagaimana Selasa (15/02/2022) terlaksana peresmian pasar rakyat balai Akoak Nagari Sumanik Kecamatan Salimpaung Kabupaten Tanah Datar oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra.SE.MM.

Peresmian tersebut dihadiri oleh Kepala SKPD lingkungan Pemkab,Kajari, Polres, Perwakilan perantau Bukittinggi dan Padang, Camat Salimpaung,Wali Nagari se Salimpaung, Wali nagari Sumanik, Ketua KAN Sumanik,Ketua BPRN Sumanik, Wali Jorong se Sumanik,Bundo Kandung serta tokoh masyarakat Sumanik dan generasi muda Sumanik.

Wali nagari Sumanik Irama Yandi.S.Ap dalam sambutannya sampaikan, peresmian pasar rakyat balai Akoak Nagari Sumanik merupakan kebanggan masyarakat Sumanik, dimana yang sudah lama kami idamkan.

Sebagaimana kami dari pihak pemerintahan nagari tahun 2020 lalu membuat proposal untuk bangunan pasar ke Pemda melalui Dinas Koperindag Tanah Datar, Alhamdulillah berkat kerjasama dan perjuangan pemerintah daerah ke pusat dikabulkan membangun pasar rakyat yang gagah dan sejuk.

Irama Yandi pun sampaikan terimakasihnya kepada pemerintah daerah yang telah berjuang dalam membangun pasar rakyat dan dikabulkan oleh kementerian perdagangan RI, dimana dalam 100 hari siap selesai tampa ada kendala, semoga dapat kami mamfaatkan dan dapat peningkatan perekonomian masyarakat nagari Sumanik.

Sedangkan laporan dari Kadis koperindag Tanah Datar  bahwa dalam kegiatan pembangunan pasar rakyat Sumanik sesuai dengan waktu, dan tidak ada kendala, bangunan tersebut lengkap ada tempat ibadah, WC,ruang tera ulang, kantor pengurus pasar, dan kios-kios,  sehingga harapan kita nanti bisa raih sartifikar SNI.

Bupati Eka Putra dalam sambutannya sampaikan, pasar rakyat sangat penting bagi masyarakat, Pemda tetap berupaya merubah babagimana keberadaan pasar rakyat bisa nyaman dari tradisional ke pasar segar,indah.

Sebagaimana keberadaan pasar nagari selama ini mungkin becek, tidak teratur, sehingga kenyamanan tidak ada, kini diubah ditata semaksimal mungkin,sebut Bupati.

Eka Putra sebutkan dengan terselesainya pasar rakyat balai Okoak Sumanik masyarakat dapat mamfaatkannya, sehingga transaksi jual beli meningkat, apalagi pasar ini bukan transaksi dari Sumanik saja bahkan luar sumanik.

Harapan Bupati, mari jaga pasar dengan baik,jangan ada perebutan kios kios ciptakan pengelolaan pasar yang baik dan tolong atur semaksimal mungkin wali nagari.

Selanjutnya jadikan pasar ini pasar kering nyaman dan sejuk, atur para pedagang dengan batas antara penjual basah dan kering, sehingga satu satunya di Tanah Datar pasar Sumaniklah pasar kering.

Disisi lain kata Bupati,  dengan adanya pasar UMKM kita pun meningkat dengan tujuan berantas rentenir, bagaimana rentenir hilang di sumanik  dan di kecamatan Salimpaung, Insyaallah Pemda berantas rentenir adakan makan rendang akan kita lonching waktu dekat.

Eka Putra pun sebut dalam ramaikan pasar rakyat Sumanik pad hari Minggu, para masyarakat berolahraga sepeda di Batusangkar arahkan rutenya ke pasar ini sambie berbelanja atau bersarapan pagi.

Ketua IKatan Perantau Sumanik Bukittinggi juga berharap pasar rakyat Sumanik dapat diramaikan oleh para perantau pulang kampung, Insyaallah kita akan sosialisasikan pasar rakyat kita telah bangunan sejuk nyaman dan indah, dan mudah-mudahan kedepan ekonomi masyarakat Sumanik pun meningkat.(STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *