News  

Buru Alek Parak Laweh Batutaba Menarik dan Terhibur

Pariangan,metrosumatranews.com.       Ribuan pecandu buru babi memadati lokasi Alek Buru Alek Parak Laweh Batutaba Kecamatan Pariangan Tanah Datar Minggu (13/06/2021).

Buru babi yang diadakan Nagari Batutaba dihadiri para tamu Alek dari Sekitar Sumatera Barat,Riau dan Jambi adalah rutinitas masyarakat untuk membasmi babi di setiap tahunnya jika cuaca mengizinkan dan lahan persawahan belum diolah masyarakat.

Itulah kata Malin Saidi salah seorang pecandu buru babi setempat kepada metrosumatranews.com yang juga sampaikan rasa syukurnya, karena terlihat sehari Alek sangat membantu perekonomian masyarakat setempat.

Malin pun katakan, ramainya tamu atau banyaknya penonton adalah dalam buru babi ini agak unik dan jauh beda ditempat lain.

Pagi dilakukan potong pita oleh seseorang (Pihak Permata Reno) semua anjing digaris star rely dan dilepas, maka anjing tersebut berlarian ke arah perbukitan tempat berdiamnya babi atau sembunyi.

Lanjut Malin Saidi, anjing yang sampai kesasaran dan kembalinya bawa tanda sudah lumpuhkan babi, ya itulah anjing hebat, dengan sendirinya nama dan nilai Anjing itu naik.

Khairil pun katakan, memang setiap berburu di lokasi ini para pemburu cukup lega dan puas, karena memang disini babi cukup banyak sehingga banyak pula babi terlumpuhkan. (STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *