Agama  

Checking Terakhir JCH Dilakukan Kamenag Tanah Datar

Batusangkar,metrosumatra.com.

Kantor Kemenag Tanah Datar mengadakan kegiatan ‘Checking Terakhir dua hari menjelang pelepasan dan keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Kabupaten Tanah Datar Tahun 2024 menuju asrama haji di Padang.

Sebagaimana kegiatan yang diikuti oleh seluruh JCH yang bertempat di Masjid Hurriyyah Malana Batusangkar Tanah Datar pada Kamis (16/5/2024).

 Kepala Kantor Kemenag Tanah Datar, H. Amril sebagai pembicara didampingi Plt. Kepala Seksi Penyelenggaraan Haji dan Umrah, Joni Roza, Kepala Seksi Bimbingan Masyarakat Islam, H. Muhammad Algafari, dan Analis Layanan Umum, Adinofiar.

Sebelumnya JCH telah menyerahkan koper yang akan dibawa ke Kantor Kemenag Tanah Datar di Bukit Gombak, kemudian jam 10.00 WIB sesuai jadwal yang telah diinformasikan sebelumnya ke para Jamaah, diarahkan untuk berkumpul di Masjid Hurriyyah Malana Batusangkar yang lokasinya tidak jauh dari Kantor Kemenag.

 “Hari ini Koper Jamaah Calon Haji diserahkan ke Kantor Kemenag Tanah Datar mulai pukul 07.30 WIB hingga sore, kemudian nanti sekitar jam 10 ada arahan penting terakhir kali oleh Kepala Kantor Kemenag yang wajib disimak oleh Jamaah di Masjid Hurriyyah Malana”, Ujar Joni Roza.

Pada penyampaian di acara Checking Terakhir ini, H. Amril mewanti-wanti Jamaah Calon Haji untuk benar-benar mengikuti arahan yang sudah diberikan pada saat bimbingan manasik, terutama barang bawaan yang boleh dan tidak boleh dibawa.

 “Aturan penerbangan tetap harus dipatuhi, jangan sampai tiba dibandara koper kita kena bongkar oleh petugas bandara karena membawa pisau gunting, korek api, power bank dan lain-lain yang dilarang, ini akan merepotkan keberangkatan bapak ibu sendiri”, ujar H. Amril.

Seperti yang sudah diinformasikan sebelumnya, rencana pelepasan dan keberangkatan Jamaah Calon Haji Kabupaten Tanah Datar Tahun 2024 untuk Kloter 7 dilakukan di hari Sabtu 18 Mei 2024 di Aula Kantor Bupati Tanah Datar. 

Pada Kloter 7 ini, Embarkasi Sumatera Barat memberangkatkan Jamaah dari Tanah Datar dan sebagian dari Provinsi Bengkulu. Jamaah dari Tanah Datar sendiri berjumlah 255 orang yang terdiri dari 101 Jamaah laki-laki dan 154 Jamaah perempuan. 

Adapun Jamaah lainnya dari Tanah Datar yang berangkat dalam Kloter tersebut yaitu 1 orang Ketua Kloter dan 1 orang Pembimbing Ibadah, sedangkan 2 orang Tim Pemandu Haji Daerah (THPD), 2 orang Paramedis dan 1 orang Dokter berasal dari Povinsi Bengkulu.

Menjelang keberangkatan, H. Amril minta JCH untuk menjaga makan dan perbanyak istirahat, serta menjaga kesehatan. “Ikuti arahan Petugas, siapkan dan jaga fisik dan mental menjelang dan selama menjalankan Ibadah Haji. 

Mari berdoa kepada Allah SWT semoga JCH Tanah Datar diberi kemudahan, selamat pergi & pulang dan mendapatkan haji yang mabrur”, tutup H. Amril. (Kmn/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *