News  

Desa Tanjung Simandolak Punya Program Unggulan Sebagai Penangkar Benih Bersertifikat

Kuansing,metrosumatranews.com.

Kepala Desa Tanjung Simandolak Suwandi Putra menyampaikan Desa tanjung Simandolak mempunyai program unggulan yaitu sebagai penangkar benih padi unggul serta bibit kayu unggul bersertifikat.

Suwandi Putra mengatakan Program Unggulan Desa Tanjung Simandolak sudah dimulai dari tahun 2017 yang lalu, minggu (19/6/2022)

Dari awal untuk program ini kelompok dikerjakan melalui kelompok tani Gapoktan Harapanbunga tanjung yang diketuai oleh Yekono Warman

Awalnya lahan berjumlah 20 hektar dan sekarang di semester ke 2 tahun 2022 ini lahan yang tersedia untuk program ini sudah bertambah menjadi 30 hektar

Pada Hari ini Minggu, (19/6/2022) kami melakukan penanaman serentak bakal benih unggul padi di lahan seluas 26,07 hektar , tegas Suwandi.

Selain itu juga dilakukan penanaman bibit ubi kayu unggul dengan nama sertifikat ubi Seroja, dilahan seluas 3 hektar, jelasnya.

Untuk bibit, pupuk dan lainya di bantu dari Dinas Pertanian Provinsi Riau sedangkan pengolahan lahan berasal dari Dana Desa, jelas Suwandi.

Untuk itu kami berterimakasih atas support yang luar biasa dari Dinas Pertanian Provinsi Riau, sehingga desa kami bisa swasembada pangan, imbuhnya.

Kelompok tani secara bersama sama dengan semangat melakukan penanaman secara serentak padi unggul, sekaligus melakukan penanam ubi kayu unggul di desa Tanjung Simandolak.

Baik benih padi maupun ubi kayu Suwandi Putra sudah memiliki pasar khusus dan di kirim ke beberapa daerah di Riau, tukasnya sekarang ke abupaten Pelalawan sudah di kirim sebanyak 16 ton dan hasil yang sudah diperoleh sebanyak lebih kurang 72jt oleh kelompok tani.

Harapan kedepan bisa lebih berkembang dan tumbuh subur dan lebih berhasil lagi sesuai harapan kelompok tani Ujar Swandi.(h).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *