News  

Dinas PUPR Kota Payakumbuh Kebut Pengerjaan Pembangunan Tahun 2022

Payakumbuh, metrosumatranews.com – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Payakumbuh terus menggenjot pembangunan infrastruktur tahun 2022 meski masa jabatan Wali Kota Payakumbuh hanya tinggal menghitung bulan.

Adapun beberapa pekerjaan yang dikebut pengerjaannya antara lain rehabilitasi jaringan irigasi permukaan, pembangunan baru 2 jembatan serta pengaspalan jalan di Sport Center Batang Agam.

Untuk rehabilitasi jaringan irigasi permukaan ada tiga proyek yang sedang dikerjakan, yaitu rehabilitasi jaringan irigasi di Bandar Tanjung dengan nilai proyek Rp. 642.336.000. Kedua rehabilitasi jaringan irigasi di Bandar Aia Nan Doreh nilai kontraknya Rp.407.898.000. Dan rehabilitasi jaringan irigasi di Baramban Nan Tuo senilai Rp. 732.983.000.

Kepala Dinas PUPR Kota Payakumbuh Muslim menyebut, paket pekerjaan rehabilitasi irigasi permukaan tahun 2022 di Payakumbuh ada sebanyak 5 paket. 3 dari DAK, 2 dari DAU.

“Ada 5 paket yang kita tender. Yang DAK pekerjaannya sudah dimulai. Sedangkan yang 2 dari DAU baru akan kontrak dan selesai proses lelang,” kata Kadis PUPR Kota Payakumbuh Muslim kepada media di kantornya, Selasa (19/07).

“Dalam minggu ini akan dilaksanakan kontrak untuk rehabilitasi irigasi Luhak Samak di Kecamatan Payakumbuh Timur dan Tabek Kincia di Kecamatan Payakumbuh Barat. Selain itu ada 37 paket PL (Penunjukan Langsung) yang saat ini masih proses dan akan diselesaikan kontraknya,” Ujar Muslim

Sedangkan untuk pembangunan jembatan, Muslim menjelaskan akan memperlebar jembatan di Jalan Kemuning menjadi 6 meter yang dilengkapi trotoar, dimana sebelumnya berukuran 4 meter.

“Nantinya di jembatan ini bisa dilalui kendaraan roda 4 yang berselisih, serta pondasi yang dibangun kuat dan baru. Untuk nilai Proyeknya Rp. 523.990.000 yang bersumber dari DAU,” jelasnya.

Kemudian ada pembangunan baru jembatan Kayu Punai yang berada di kawasan pertanian dan perkebunan, sehingga jembatan ini sangat vital bagi masyarakat sekitar. Dan akan dibangun menggunakan beton dengan nilai kontrak Rp. 1.355.327.000 yang bersumber dari DAK tahun 2022.

Selanjutnya untuk Jalan Poliko Di Sport Center Batang Agam, akan diaspal sepanjang 1.137 meter bersama dengan 5 ruas jalan lainnya seperti Jalan Padang Somuk, Jalan Melon 1, Jalan Pulai, Jalan Rukita, dan Jalan Piliang dengan total lebih dari 2000 meter yang akan dikerjakan oleh PT. Bunga Mas Perkasa dengan nilai kontrak Rp. 2.531.770.000.

“Dengan telah diaspalnya Jalan Poliko, nantinya memudahkan orang untuk mengakses Gor Type B, lapangan sepak bola, dan trek lari di kawasan Batang Agam, juga akan membuka ruang baru bagi warga yang berjualan jajanan sore,” imbuhnya.

Muslim mengatakan seluruh proyek pengerjaan ini sedang disiapkan. Pihaknya juga optimis seluruh pengerjaan dapat diselesaikan sebelum akhir tahun. Pembangunan infrastruktur itu untuk mendukung Payakumbuh menjadi daerah sebagai pusat kegiatan wilayah.

“Jadi sekarang kita tak hanya sebagai daerah pusat kegiatan promosi, namun sudah naik status menjadi daerah pusat kegiatan wilayah. Selain itu Payakumbuh juga menggenjot sejumlah pembangunan lainnnya di antaranya Masjid Raya, Gelanggang olahraga dan Stadion,” Pungkasnya. (FR)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *