News  

Fakultas Pertanian UNIKS Adakan Uji Sertifikasi Kompetensi

Kuansing,metrosumatranews.com.
Fakultas Pertanian Universitas Islam Kuantan Singingi (Faperta UNIKS) mengadakan uji sertifikasi kompetensi skema asisten kebun kelapa sawit bekerjasama dengan Badan Nasional Sertifikasi Profesi Lembaga Sertifikasi Pertanian (BNSP LSP) yang diselenggarakan oleh Tempat Uji Kompetensi (TUK) Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Politani).

Kegiatan ini berlangsung selama 2 hari, 28-29 Mei 2022, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) UNIKS, menghadirkan tim asesor yang berasal dari Politani Payakumbuh yakni, Ir. Ispinimiartriani, MSi, Ir. Muliadi Karo, MP, Ir. Soemarsobo, MP dan Ir. Muhammad Syakieb, MSi.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 40 mahasiswa. Terdiri dari 28 mahasiswa Program Studi Agroteknologi dan 12 mahasiswa Program Studi Agribisnis. Mahasiswa yang mengikuti uji sertifikasi kompetensi ini, merupakan mahasiswa yang telah lulus Mata Kuliah Teknologi Budidaya Kelapa Sawit dan Mata Kuliah Manajemen Agribisnis semester IV, VI dan VIII. ,6 dan 8.

Mahasiswa yang dinyatakan lulus pada uji sertifikasi kompetensi ini, akan mendapat sertifikat nasional oleh BNSP LSP, sebagai salah satu bentuk Surat Keterangan Pendamping Ijazah (SKPI) bagi lulusan. Hal ini sejalan dengan amanat dari Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang SNDIKTI, dimana lulusan harus memiliki kompetensi sesuai keahliannya. Pelaksanaan uji sertifikasi kompetensi ini terdiri dari asessment penilaian baik teknik maupun nonteknis dalam bentuk wawancara, uji tulisan dan praktek di perkebunan kelapa sawit milik UNIKS.

Deno Okalia, SP., MP selaku Dekan Faperta UNIKS menyampaikan, ke depan akan kembali diadakan uji kompetensi untuk Program Studi Peternakan dengan skema inseminasi buatan.

“Diharapkan dengan diadakannya kegiatan serupa ini, akan menambah nilai guna serta keterampilan mahasiswa dibidang keahliannya”, ucap Deno Okalia, SP., MP.

Sekaligus pada kegiatan ini dilakukan penandatanganan kesepahaman bersama (MoU dan MoA) antara pihak Fakultas Pertanian (Faperta) UNIKS dan semua Program Studi di Faperta UNIKS dengan Politeknik Pertanian Negeri Payakumbuh (Pokitani), yang dihadiri oleh Ketua Program Studi Agroteknologi Febra Heriansyah, SP., MP, Ketua Program Studi Agribisnis Haris Susanto, SP., M.MA dan Ketua Program Studi Peternakan Fajri Anwar, SP., M.Sc.(h).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *