Festival UMKM Nasional di Istano Basa Pagaruyung Dibuka Bupati Tanah Datar

Pagaruyung, metrosumatranews.com.
Pelaksanaan festival UMKM Nasional Ok Oce Winner Indonesia di Istana Basa Pagaruyung Sabtu ini sampai Rabu (07-11/05/2022), semoga berjalan baik dan sukses sampai akhir nantinya.

Itulah kata Bupati Tanah Datar Eka Putra. SE.MM dalam sambutannya membuka secara resmi festival UMKM Nasional di Istana Basa Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas Kabupaten Tanah Datar Sumatera Barat, Sabtu (07/05/2022).

Hadir dikesempatan itu Gubernur Sumatera Barat diwakili Kepala Dinas Perindag, Walikota Padang Panjang diwakili Staf Ahli Bidang Ekobang, Kapolres Tanah Datar AKBP Ruly Indra Wijayanto, S.I.K.,M.Si, Ketua TP PKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Ketua Umum Macan Asia Jaya, Kepala OPD, Camat dan Pengurus DPP dan tamu undangan lainnya.

Sementara dari DPP Ok Oce Winner Indonesia adalah Ketua Umum Tarmizi.S.Pd.I.MM, Ketua I Inan Yatul Kubra, Sekretaris,Bendahara,Devisi-devisi. DPW Ok Oce Sumbar,DPD Ok Oce Tanah Datar dan DPK Ok Oce se Tanah Datar serta mahasiswa sekolah Bisnis Ok Oce Winner Indonesia.

Lanjut Bupati, dalam suasana Idul Fitri. 1443 H ini marilah kita sama-sama mengucapkan tpqabballahu minna waminkum, minal aidin wal faizin mohon maaf lahir batin kepada seluruh masyarakat yang berkesempatan hadir.

Bupati sampaikan Terima kasih dan apresiasi kepada panitia pelaksana atas terlaksananya kegiatan festival UMKM Indonesia di Istano Basa Pagaruyung, semoga kegiatan ini diberkahi oleh Allah.SWT sukses dari awal sampai akhir.

Festival UMKM tahun 2022 merupakan ajang bertemunya UMKM dan dapat meningkatkan perekonomian daerah, mewujudkan misi pemerintah Kabupaten Tanah Datar, meningkatkan ekonomi masyarakat Tanah Datar, serta perluasan lapangan kerja yang berbasis pertanian, industri, dan UMKM, sebagainya festival UMKM menyelenggarakan kegiatan marandang kreasi, lomba fashion show batik, lomba baju kurung basi banget dan lomba lagu minang, sebut Eka Putra.

Kata Eka Putra, pemerintah daerah sangat mendukung terselenggaranya acara festival UMKM Indonesia ini, karena sejalan dengan salah satu misi Kabupaten Tanah Datar yakni “meningkatkan ekonomi masyarakat Kabupaten Tanah Datar dan perluasan lapangan kerja yang berbasis pertanian, industri UMKM.

Sebut Bupati, sebagaimana kita semua tahu bahwa Indonesia belum sepenuhnya terlepas dari pandemi covid 19,selama lebih dua tahun belakangan hampir seluruh kegiatan olahraga tidak bisa dilaksanakan, oleh karena itu seluruh masyarakat hendaknya tetap berupaya menjaga dan menerapkan pola hidup sehat, selalu menggunakan masker, demi menjaga diri kita dan orang sekitar dari penularan covod-19.

Harapan Bupati sampaikan, kegiatan ini tidak hanya sekedar sukses penyelenggaraan tetapi merupakan hiburan dan peningkatan kreatifitas UMKM serta memiliki dampak ekonomi bagi masyarakat sekitar, kepada panitia dan UMKM yang akan ikut festival UMKM ini.

Sementara itu, Ketua Umum OK OCE Winner Indonesia Tarmizi mengatakan melalui Festival UMKM Indonesia, para pelaku UMKM menambah relasi, kelekatan budaya, kreatifitas dan kemadanian masyarakat.

Ia pun mengatakan terselenggaranya Festival UMKM se Indonesia di luhak nan tuo, tidak lepas dari semangat pemerintah daerah mempromosikan produk UMKM pada kesempatan apa pun.“Kita meyakinkan DPP OK OCE Winner Indonesia untuk menyelenggarakan Festival UMKM se Indonesia di Istano Basa Pagaruyung karena semangat yang ditunjukan pemerintah daerah mempromosikan produk UMKMnya di mana pun berada,” ujar Tarmizi.

Ia berharap Festival UMKM yang terselenggara darai tanggal 7 sampai 11 Mei itu, memberikan dampak positif bagi pelaku UMKM, “inilah persembahan OK OCE Winner Indonesia untuk membangkitkan kembali ekonomi masyarakat,” ujar Tarmizi

Ketua panitia Festival UMKM Nasional Efdirijal dalam laporannya sampaikan, terlaksananya kegiatan ini adalah berkat kerja keras dan dengan kekompakan antara DPP Ok Oce Winner Indonesia dan Panitia pelaksana serta dukungan DPD, DPK yang ada di Sumatera Barat dan Tanah Datar.

Efdirijal pun sampaikan, pelaksanaan festival UMKM ini adalah untuk peningkatan dan berikan motivasi UMKM yang ada di Nusantara ini, yang intinya peningkatan perekonomian masyarakat Nusantara dan khususnya UMKM Tanah Datar.(STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *