News  

Goro Persiapan Khatam Al-Qur’an Jalin Kebersamaan

Salimpaung,metrosumatranews.com.

Jalannya kegiatan sosial kemasyarakatan dengan sukses dan lancar butuh kebersamaan dengan pemamfaatan potensi yang ada di tengah-tengah masyarakat.

Khatam Al-Quran walaupun Santri TPA Nurul Ihklas Jorong Nan IX mempunyai orang tua wali pelaksanaannya butuh kebersamaan demi tegaknya tradisi yang ada, mulai dari pertemuan Ninik Mamak (Ipa Ninik Mamak), arak-arakan keliling kampung sampai pelaksanaan khatam butuh orang banyak.

Sebagaimana yang dipaparkan Ketua Pelaksana Al fajri.A.Md Pito Kayo didampingi beberapa pengurus lainnya kepada metrosumatranews.com di arena Gotong Royong (Goro) Jum’at (15/07/2022) Masjid Nurul Ikhlas Jorong nan IX Nagari Salimpaung Kabupaten Tanah Datar, bahwa pelaksanaan khatam Al-Qur’an Santri TPA Nurul Ikhlas Nan IX terlaksana berkat adanya kebersamaan baik yang ada di kampung halaman maupun diperantauan.

Al Fajri sampaikan, pelaksanaan khatam ini butuh pembiayaan sampai Rp.36 juta, sementara peserta berjumlah 24 orang dan masing-masing peserta berkonstribusi hanya Rp.1 juta, makanya Panitia jalankan proposal ketengah masyarakat dikampung juga diperantauan, Alhamdulillah bantuan serta sumbangan mengalir sampai sekarang.

Pito Kayo dan Sekretisnya Destuliadi pun katakan, dalam persiapan jemelang khatam diadakan Goro pembuatan gobah pintu masuk dan menghiayasi arena khatam dalam Masjid, goro ini tidak saja orang tua wali murid generasi muda dan masyarakat umumpun ikut berpartisifasi bergoro.

Destuliadi  juga sebut, siang sabtunya (16/07/2022) masyarakat juga menyembelih seekor Jawi dan mengulai malamnya untuk hidangan makan pada hari khatam Minggunya (17/07/2022), dan kita selaku Panitia mengaturkan terimakasih atas bantuan dan partisifasi masyarakat jorong Nan IX baik dikampung maupun diperantauan, juga beberapa anggota DPRD Dapil 4 ikut menyumbang sukseskan acara khatam ini.(STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *