Daerah  

Huntara di Jorong Panti Nagari Rambatan Selesai

Rambatan,metrosumatra.com.

Sebanyak 5 unit Hunian Rumah Sementara (Huntara) di Jorong Panti Nagari Rambatan Kecamatan Rambatan diperuntukkan bagi 5 Kepala Keluarga (KK) yang rumahnya rusak berat akibat bencana.

Sebagaimana Huntara yang merupakan bantuan Aksi Solidaritas Piaman Laweh (ASPILA) dan bekerjasama dengan Forum Relawan Penanggulangan Bencana (FRPB) selesai dan siap dihuni korban banjir dan galodo. 

Sebagai bentuk Huntara siap dihuni, ketua ASPILA Azwar Anas menyerahkan secara simbolis duplikat kunci,Rambatan Selasa (28/5/2024) kepada Bupati Eka Putra yang selanjutnya diserahkan kepada masyarakat korban bencana.

Bupati Eka Putra menyampaikan ucapan terima kasih kepada ASPILA dan FRPB yang telah membangun Huntara bagi masyarakat terdampak bencana banjir bandang dan galodo. 

“Terima kasih atas sumbangsih ASPILA yang membangun Huntara bagi masyarakat kami, semoga bantuan ini dinilai ibadah dan dibalasi pahala. Dan ASPILA semakin sukses nantinya. Begitu juga FRPB, terima kasih atas kerja kerasnya untuk mewujudkan Huntara ini,” sampainya. 

Bupati juga berharap, rencana pembangunan Huntara oleh ASPILA dan FRPB di beberapa Kecamatan dan Nagari terdampak lainnya bisa terlaksana. 

“Katanya ini tahap pertama, tahap berikutnya akan dibangun di Kecamatan X Koto, Batipuh dan Pariangan. Semoga bisa terwujud dan lancar hendaknya, dan kepada warga yang menempati Huntara untuk tetap sabar dan semangat,” tukas Eka Putra. 

Sementara itu Ketua ASPILA Azwar Anas menyampaikan, aksi yang dilakukan untuk meringankan korban bencana terutama korban yang rumahnya rusak berat. 

“Kegiatan ini untuk membantu meringankan beban para korban bencana banjir bandang yang rumahnya rusak berat. Alhamdulillah, hari ini selesai 5 unit dari 25 unit Huntara yang direncanakan,” sampainya. 

Diungkapkan Azwar Anas, dalam kegiatan tersebut ASPILA menganggarkan dana sebesar Rp6,5 juta per unit Huntara dengan ukuran 4 x 5 meter persegi.

“Dana tersebut kita manfaatkan untuk keperluan bahan bangunan, sedangkan untuk proses pembangunan dilakukan bersama dengan FRPB. Sedangkan untuk tanah lokasi pembangunan atas kesepakatan di Nagari,” sampainya. 

Bupati juga menyerahkan bantuan logistik berupa kasur, bantal, alat masak, dan lainnya untuk korban penghuni Huntara tersebut, yang turut disaksikan Kalaksa BPBD Ermon Revlin, Camat Rambatan Roza Melfita dan jajaran, Forkopimca Rambatan, Wali Nagari dan undangan lainnya. (Pr/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *