News  

Hut ke 55, BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh Beri Layanan Terbaik

Payakumbuh – Pada puncak peringatan HUT Badan Pelayanan Jaminan Sosial (BPJS) kesehatan yang ke-55, BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh menggelar upaca bendera di halaman kantornya, Jl. Ade Irma Suryani No.10A, Labuah Baru, Sabtu (15/07/2023) pagi berlangsung khitmat.

Pada Upacara HUT ke-55 BPJS Kesehatan itu, juga dihadiri sejumlah tamu undangan, yakni Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh, Kepala Dinas Kesehatan, Kepala Dinas Sosial, Kepala Disdukcapil, Sekretaris Disnakerperin, Direktur RSUD Adnaan WD Payakumbuh, Kepala Puskesmas Tiakar serta mitra BPJS Kesehatan lainnya.

Dalam upacara kali ini BPJS Kesehatan Payakumbuh memberikan penghargaan kepada Pemerintah Kota Payakumbuh, Dinas terkait serta Fasilitas Kesehatan atas kontribusi yang sudah diberikan dalam pelaksanan Program JKN. BPJS Kesehatan juga memberikan penghargaan kepada sejumlah pegawai yang telah mengabdi kurun waktu 10 – 20 tahun.

Dengan tema transformasi mutu layanan, mudah, cepat, setara, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, Defiyanna Sayodase menjelaskan bahwa pihaknya sangat konsen dalam peningkatan mutu layanan.

“Kami selalu konsen dalam peningkatan mutu layanan karena kami hadir untuk memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat,” katanya.

Selain dari internal BPJS Kesehatan sendiri, Defi menyebut bahwa pihaknya juga mengajak semua fasilitas kesehatan untuk meningkatkan mutu layanan bersama-sama.

“Kami juga mengajak faskes memberikan pelayanan terbaiknya untuk masyarakat, karena yang melayani peserta secara langsung kan bukan di kami tapi faskesnya,” ucapnya.

Defi menyebut, sesuai pidato kelembagaan Direktur Utama BPJS Kesehatan Ali Ghufron Mukti tadi, saat ini tatangan utama organisasi bukan lagi pada kondisi finansial, tapi bagaimana BPJS kesehatan dalam menghadirkan layanan bermutu yang dapat dirasakan secara nyata oleh peserta.

“Kami berkomitmen melakukan transformasi mutu layanan, melalui beragam inovasi untuk meningkatkan kemudahan akses, kecepatan pelayanan dan kesetaraan dalam pelayanan kesehatan seluruh Indonesia,” ucapnya.

Perlu dipahami, bahwan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS Kesehatan saat ini merupakan salah satu perwujudan cita-cita Nasional yang berkeadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

“Maka dari itu, kami tidak bisa berjuang sendiri mewujudkan cita-cita yang mulia ini. Peran seluruh stakeholder terkait, sangat kita butuhkan untuk mewujudkan transformasi mutu layanan ini,” ujarnya.

Untuk peningkatan mutu layanan di Fasilitas Kesehatan, BPJS KEsehatan telah melakukan berbagai macam terobosan untuk memastikan memberikan layanan terbaik untuk masyarakat.

“Saat ini pendaftaran cukup dengan NIK/KTP/KIS tanpa di fotokopi, tida memungut biaya tambahan diluar ketentuan, tidak ada pembatasan rawat, tidak meminta peserta mencari dan membeli obat, melayanai tanpa diskriminasi dan melayani peserta di luar FKTP terdaftar,” katanya.

“Dengan terobosan ini, kami berharap akan bermuara pada kepuasan peserta dan meningkatkan citra BPJS Kesehatan kepada peserta,” tutupnya.

Sementara itu, Pj. Sekretaris Daerah Kota Payakumbuh Dafrul Pasi, mewakili Pj. Wali Kota Payakumbuh mengucapkan selamat hari jadi BPJS Kesehatan ke-55.

“Atas nama Pemko Payakumbuh, kami mengucapkan selamat ulang tahun yang ke-55 kepada BPJS Kesehatan, semoga kedepan dapat mengemban amanah lebih baik lagi dalam mensejahterakan kesehatan masyarakat terkusus di Payakumbuh,” kata Dafrul.

Apresiasi dan semangat diberikan Dafrul Pasi, kepada para duta BPJS Kesehatan Cabang Payakumbuh, untuk semakin meningkatkan kualitas dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Serta meminta komitmennya dalam melakukan transformasi mutu layanan, juga inovasi percepatan pelayanan, kemudahan, dan pemerataan tanpa diskriminasi yang berkeadilan sosial.

“Untuk itu peran seluruh stakeholder diperlukan, salah satunya dari kami pihak Pemerintah Kota juga akan terus meningkatkan kolaborasi,” ucapnya.

Perayaan HUT BPJS Kesehatan ini sendiri mengangkat tema “Transformasi Mutu Layanan, Mudah, Cepat, Setara”, sebagai upaya menjaga program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) agar berkelanjutan dan dapat diaplikasikan bersama.

“Terimakasih atas setiap upaya, waktu dan semangat yang dicurahkan sehingga BPJS dapat menjadi tongkat kesejahteraan kesehatan. Semoga berbagai program mulia dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat,” harapnya.

Ia berpesan, kedepan agar kinerja BPJS Kesehatan terkhusus Cabang Payakumbuh, dapat makin meningkatkan kesejahteraan kesehatan masyarakat yang semakin bermutu.

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *