News  

Jadikan Program Unggulan Pemakaian Pupuk Organik ECO Farming

Pagaruyung,metrosumatranews.com.    Kepala dinas Pertanian Kabupaten Tanah Datar Ir.Yulfiardi mengatakan pemberian pupuk organik Eco Farming dapat dijadikan program unggulan untuk membantu para petani guna menekan biaya produksi dan meningkatkan hasil panen.

Hal tersebut disampaikannya ketika dihubungi metrosumatranews.com via ponselnya Kamis (06/05/2021) pagi ini berkenaan dengan Visi Missi Bupati Tanah Datar Eka Putra SE yang bertekad untuk memberikan bantuan kepada para petani dalam menekan biaya pupuk biaya pengolahan lahan yang selama ini dikeluhkan petani Tanah Datar.

Apalagi saat ini pihaknya Dari Dinas Pertanian sedang merancang program unggulan bagi Petani ujarnya. Kalau pupuk organik ini murah dan sesuai dengan harapan petani dapat kita dukung dalam program unggulan petani Tanah Datar katanya

Tetang keunggulan pupuk Eco Farming diakui Kadis yang Rajin turun kesawah dan ladang petani ini sudah mengetahuinya dan sudah pula ikut sosialisasi pada sawah uji coba pemakaian pupuk tersebut di lahannpetani di Rambatan dan hasilnya memang bagus ujarnya.

Sementara itu Ketua Komisi Ini DPRD Provinsi Sumatera Barat yang membidangi sektor Pertanian dan Ekonomi  Ir.Arkadius Dt.Intan bano MM sangat antusias, menyikapi program memberikan keringanan kepada petani melalui pupuk Organik ini dan langsung akan turun langsung melihat bukti pemakaian pupuk Eco Farming, pada sawah Petani milik A Dt.Sikoto di Desa Padang datar Pagaruyung Jumat besok sekaligus akan didampingi oleh Kepala Dinas Pertanian Tanah Datar Ir.Yulfiardi bersama PPL serta anggata kelompok tani Sawah Baruah yg diketuai oleh Armison Dt.Sikoto.

Menurut Arkadius kalau memang terbukti bisa membantu petani dalam meningkatkan produksi dan menekan biaya pupuk ini perlu kita dukung ujarnya apalagi di saat ini petani mengeluh dengan kelangkaan pupuk kimia lagi pula mahal kalau dibandingkan harga pupuk organik Eco Farming yang kabarnya hanya Rp.250.ribu untuk pemakaian satu Hektar lahan.

Dt.Bandaro Itam salah seorang pelanggan dan pengguna pupuk Eco Faming keluaran PT.BEST Bandung ini menyebutkan sudah membuktikan sendiri banyak juga bukti dari hasil petani kita Di tanah Datar ini dapat meningkatkan hasil produksi padi 20 persen dan menekan biaya 70 persen. Selain di Pagaruyung juga sudah ada demplot petani pemakai pupuk ini di Turawan Tigo Koto Balimbiang kecamatan Rambatan.

Juga di Sijangek Kecamatan Sungai Tarab di Koto Tangah Kecamatan Tanjung Emas di Atar Kecamatan Padang Ganting dan Di 9 Nagari di kecamatan Lintau Buo dan Lintau Buo Utara katanya tinggal lagi perlu penguatan dari Bupati dan Kadis Petanian Tanah Datar sesuai pula dengan janji Bupati pada Saat Kampanye beliau akan memberikan kemudahan pupuk dan biaya pengolahan lahan bagi petani tambah Dt.Bandaro Itam  menerangkan(M/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *