News  

Jalan Menuju Kabun Nagari Salimpaung Lokasi Pesantren Manahijussadat 3 Salimpaung Segera Direalisasikan


Salimpaung,metrosumatranews.com.
Ratusan masyarakat nagari Salimpaung mendengarkan sambutan Bupati Tanah Datar Eka Putra.SE.MM di kegiatan tabligh Akbar dalam rangka pembukaan tahun ajaran baru 2023/2024.

Sebagaimana kegiatan yang dihadiri  Kadis Sosial H. Afrizon, dan beberapa OPD lainnya, tokoh-tokoh masyarakat Salimpaung, Camat dan Forkopimca Salimpaung, KUA, KAN, BPRN, Ustadz Dr.Irwandi Nashir Dosen UIN Bukittinggi
dan undangan, berlangsung di lokasi pembangunan Ponpes Manahijussadat 3 Salimpaung Kabun Nagari Salimpaung Minggu (16/06/2023).

Wali Nagari Salimpaung Drs.Marjohan selaku ketua panitia pelaksana tabligh Akbar dalam sambutan pembukaan  menyampaikan terima kasih atas kedatangan Bupati bersama rombongan.

“Alhamdulillah, pak Bupati berkenan hadir langsung yang menjadi kebahagiaan bagi kami. Acara ini terlaksana berkat dukungan dan Goro bersama masyarakat, bahkan kami juga menyembelih seekor sapi untuk menjadi hidangan acara ini,” sampainya.

Marjohan juga berharap, secara bersama-sama untuk mendukung kelanjutan pembangunan Ponpes Manahijussadat sehingga semakin baik ke depannya.

Pimpinan Pondok Ponpes Manahijussadat Kyai Sulaiman Effendi dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kedatangan Bupati bersama rombongan di lokasi Ponpes ini untuk membuka tahun ajaran baru 2023/2024.

“Alhamdulillah, pak Bupati berkenan datang dan bahkan merasakan bagaimana kondisi jalan menuju ke sini, mohon bantuan pak Bupati termasuk juga listrik untuk Ponpes ini,” sampainya.

Kyai Sulaiman Effendi mengungkapkan, tahun ajaran 2023/2024 dibuka pendaftaran santri baru untuk menimba ilmu di Ponpes dan sudah ada beberapa santri yang mendaftar.

“Alhamdulillah, pak Bupati juga berkenan membuka secara resmi masa pendaftaran perdana Ponpes Manahijussadat 3 di Salimpaung ini, dan sampai hari ini sudah ada 7 orang santri yang memastikan terdaftar, semoga beberapa hari ke depannya akan semakin bertambah lagi,” sampainya

Bupati Tanah Datar Eka Putra.SE.MM dalam sambutannya menyampaikan apresiasi dan ungkapan terima kasih kepada Pimpinan Pondok Pesantren Kyai Sulaiman Effendi beserta seluruh donatur dan masyarakat sehingga berdiri dan beroperasi Ponpes Modern dan Tahfizh Qur’an Manahijussadat 3 di Nagari Salimpaung Kecamatan Salimpaung.

“Terima kasih pak Kyai dan pihak lainnya yang telah membantu mewujudkan Ponpes ini. Tentu ini sebagai bukti niat baik kyai untuk membangun Ponpes di kaki Gunung Marapi sebagai wujud untuk turut mencerdaskan generasi kita, baik ilmu umum dan ilmu agama,” sampai Bupati Eka Putra, Minggu (16/7/2023) saat Tabligh Akbar dalam rangka menerima Santri Baru Tahun Ajaran 2023/2024.

Dikatakan Bupati Eka Putra, ia tentunya sangat mendukung pendirian dan pelaksanaan pendidikan di Ponpes Manahijussadat, karena sejalan dengan Program Unggulan Satu Rumah Satu Hafizh/Hafizah.

“Tentunya Ponpes ini akan melahirkan generasi yang memahami Islam dan bahkan menjadi seorang penghafal Al Qur’an. Ini tentunya sangat Saya dukung, karena kita juga melaksanakan Progul yang tujuannya melahirkan generasi penghafal Al Qur’an, sehingga setidaknya separuh masyarakat kita pada tahun 2045 nanti adalah penghafal Al Qur’an,” sampainya.

Sebagai bentuk dukungannya, tambah Eka Putra, untuk ruas jalan menuju ke Ponpes sudah dianggarkan dan bakal dilaksanakan pengerjaannya dalam waktu dekat.

“Seperti disampaikan pimpinan Ponpes, jalan menuju ke sini butuh perbaikan, dan tadi sudah disampaikan ke Dinas PU, Insya Allah jalan ini sudah masuk dalam rencana pembangunan dan dalam waktu dekat akan ditender, sedangkan permasalahan listrik tentu akan dikoordinasikan dengan PLN sebagai pihak yang menangani sektor ini,” sampainya.

Kemudian Bupati juga menghimbau kepada perantau dan masyarakat khususnya Nagari Salimpaung agar menyisihkan hartanya untuk turut serta membangun Ponpes ini.

“Pendidikan agama melalui Ponpes saat ini dirasakan sangat perlu, untuk menangkis dan membentengi diri dari perkembangan zaman digital dan kemajuan tekkologi terutama handphone yang bisa merusak generasi muda kita. Karena itu saya himbau mari bersama kita membangun dan mengembangan Ponpes ini untuk semakin baik dan berkembang di masa akan datang,” tukasnya.(STM

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *