News  

Jalan Simpang Tali Agang Menuju SMA I Sungayang Butuh Renovasi

Sungayang,metrosumatranews.com.                           Jalan alternatif bagi pelajar dari Nagari Sungai Patai Kecamatan Sungayang menuju SMA I Sungayang melewati Tali Agung Nagari Sungayang telah sulit ditempuh, apalagi ketika musim hujan berkepanjangan.

Sebagaimana ketika metrosumatranews.com berada di jalan Tali Agung tersebut Senen (05/07/2021) memang telah banyak berlobang yang digenagi oleh air hujan dan lama akan kering, lalu salah seorang warga setempat Sairin membenarkan bahwa jalan Tali agung ini jalan alternatif para pelajar yang berasal dari Sungai Patai.

Sairin lebih menjelaskan, memang telah lama jalan ini berlobang dan angkot pedesaan yang sebelumnya rutin melewatinya kini sudah sulit menempuhnya, karena di lakuk Tali Agung perbatasan Ladang Sumanik ini parah betul jalannya.

Bahkan kata Sairin, terpaksalah pelajar SMA I Sungayang berasal dari Sungai Patai menghindar jauh melingkar ke Sungayang jalan Negara Sungayang-Batusangkar, begitu juga kalau masyarakat Ladang Sumanik pergi ke Sungayang terpaksa juga memutar ke jalan Negara atau ke Sumanik terlebih dulu,

Sementara lanjut Sairin, jika musim Durian Sungayang termasuk di sepanjang jalan Tali Agung ke Ladang Sumanik dan SMA I Sungayang sangat butuh sekali jalan yang mulus, karena pecandu durian kadangkala berasal dari luar Sungayang, karena jalan tidak mengizinkan para pecandu durian terpaksa cari ketempat lain.

Secara perekonomian masyarakat sekitar Tali Agung,Ladang Sumanik tentu telah merugi, begitu pula para pelajar tentu harus menempuh jalur atau waktu panjang ke sekolahnya SMA I Sungayang maupun dari Ladang Sumanik ke MAN I Tanah Datar.

Kini harapan kita memang kepada pemerintah Daerah untuk memperhatikan untuk merenovasi pengaspalan kembali, sebab jalan tersebut adalah jalan Kabupaten, memang telah dicoba oleh masyarakat menambalnya dengan tanah dan kerekel hanya daya tahannya tidak berapa lama, tutur sairin.(STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *