News  

Jalan Tembus Pincuran Batuah ke Koto Tuo Bakal Dibuka

Salimpaung, metrosumatranews.com.

Sudah lama diidam-idamkan masyarakat petani di tiga Jorong Nan IX, Nan II Suku dan Koto Tuo bagaimana Jalan dari Pincuran Batuah menuju Koto Tuo dapat ditempuh roda empat.

Itulah yang disampaikan Ir Gindo ketika bincang-bincang dengan metrosumatranews.com dilokasi tempatnya bekerja, selasa (12/10/2021) sambil menyaksikan pemancangan pembukaan Jalan tersebut.

Menurutnya, jika jalan dari Pincuran Batuah Jorong nan IX (jalan provinsi) menuju Jorong Koto Tuo dibuka bisa dilewati roda empat akan berdampak sangat-sangat bermamfaat akan tingkatkan perekonomian tiga jorong Nan IX,Koto Tuo dan Nan II Suku, sebab akan melewati perkebunan dan persawahan.

Welmen Hengky selaku Kepala Jorong Nan IX didampingi Panitia Pembebasan lahan Irwandi, Kepala Jorong Nan II Suku Rabain malin Mudo dan Kepala Jorong Koto Tuo Mawardi Sutan Marajo pun sampaikan, bahwa jalan dari Pincuran Batuah menuju Koto Tuo sepanjang 721 meter akan dibuka selebar 3,5 meter telah ada persetujuan pembebasan lahan dari masing-masing pemilik, dan inipun telah diprioritaskan dalam Musrenbang Nagari Salimpaung membangunnya tahun 2022 nanti dari anggaran Nagari.

Memang sebagaimana rencana akan dibuka jalan tersebut sudah puluhan tahun lalu bahkan sudah sering dilakukan pendekatan-pendekatan kepada pemilik lahan untuk pembebasan, terus ada saja kendala atau pemilik tidak bersedia, kata hengky.

Sementara kemamfaatannya disamping peningkatan ekonomi tiga Jorong juga akan memperlancar hubungan pendidikan, sebab di koto Tuo ada SMP 3 Salimpaung lebih dekat jaraknya lewat dari Pincuran Batuah kalau pelajar SMP itu dari Rao-rao atau dari Nan IX.

Namun, setelah diadakan pendekatan dan perundingan dengan pemilik dan Ninik Mamak bersangkutan oleh Panitia dalam tahun ini, Alhamdulillah harapan kita semua tercapai para pemilik telah bersedia lahannya diambil untuk jalan selebar 3,5 meter.

Dengan kesediaan tersebut Selasa (12/10/2021) Panitia, Kepala Jorong Nan IX,Nan II Suku dan Koto Tua, Sepemilik lahan dan didampingi Anggota Danramil Salimpaung serta Anggota Polsek Salimpaung mematok lahan yang akan dibuat jalan tersebut, tutur Hengky.

Hengky juga mengharapkan kepada masyarakat Jorong Nan IX, Nan II Suku dan Koto Tuo serta pemilik lahan untuk bersama kita dukung pelaksanaan ini,  tanpa ada dukungan tidak akan bisa tercapai tujuan yang telah kita idamkan selama ini, dan kami terlebih dulu mengucapkan terima kasih kepada sepemilik lahan yang telah bersedia.(STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *