Jalan Tembus Terkendala Tidak Ada Alat Berat Beberapa Tahun Lalu, Kini Terujud Dibantu Oleh Betty Shadiq

Rambatan,metrosumatranews.com.           Sejumlah penghulu kaum dari rumah gadang Kampai Nan Panjang dan rumah gadang Gonjong dua,  bersama anak kemenakan dan Bundo Kanduang se Nagari Balimbiang bagaikan dapat Paneh sudah Ujan, Sumua digali Ayia Datang Pucuak dicinto Ulam Tibo, Kami berharap Buk Betty mengabulkan.

Sebagaimana kata beberapa tokoh tersebut, Jalan tembus yang beberapa tahun lalu tidak pernah terujud terkendala dengan tidak adanya Alat Berat. Ternywta dengan dibantu Buk Betty jalannitu dapat dilanjutkan.

Itulah rasa syukur yang mendalam dari warga Balimbiang yang Senin (16/11/2020) lalu mendapat kunjungan dari calon Bupati Betty Sadiq bersama rombongan, dan sekaligus menyanggupi bantuan Alat Berat yang sudah dikirimkan ke lokasi jalan lingkar sepanjang 400 M tersebut, dan sudah mulai bekerja dilapangan dibantu masyarakat ini bukan Janji tapi Bukti sudah Basuluah Mato hari balagang Mato Urang Banyak, Maka Dukungan kami tidak ragu lagi bahwa Tim Beriman yang mengusung Betty Sadiq jadi Bupati harus kami buktikan di Balimbiang ini ujar mereka.

Jalan desa ini merupakan dambaan masyarakat sudah sejak lama untuk menghubungkan jorong alai dan bisa tembus ke Situra  dan Pasiranggai bertemu lagi dengan jalan raya bukik Tamasu, sehingga jorong yang berada di ujung jalan itu tidak terisolasi lagi, apa lagi warga masyarakat mempunyai kegiatan ekonomi seperti perdagangan di Pasar Balimbiang sekaligus bisa dimanfaatkan untuk transportasi gabah sesudah panen kerumah masyarakat.

Sementara itu dalam dialek dengan buk Betty Shadiq disampaikan pula harapan masyarakat agar pemugaran Rumah Gadang dengan program revitalisasi Rumah Gadang dapat dilanjutkan lagi oleh Buk Betty setelah terpilih jadi Bupati Nanti,  karena program pemugaran Rumah Gadang  sudah pernah dimulai beberapa tahun lalu.

Ternyata saat ini sudah tidak ada lagi termasuk pembinaan untuk pelestarian Budaya masyarakat grup Pasambahan yg sudah berkembang, dan rumah Gadang Kampai Nan Panjang seperti yang pernah dibantu dulu oleh Dinas Pariwisata Tanah Datar, sejumlah rumah Gadang sudah diperbaiki dengan rekomendasi Dinas Budpar Pora ketika itu yang dapat menggait dana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan  RI, .dengan pendampingan teknis  dari Balai Pelestarian dan Cagar Budaya ( BPCB) Sumbar Riau Jambi di Batusangkar ujar penghulu Kaum Kampai Nan Panjang dan Rumah Gadang Gonjong duo.(M)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *