Budaya  

Jalo Taserak Salah Satu Ukiran Menghiasi Langit-Langit Museum Istano Basa Pagaruyung

Oleh: Masriwal STM

Dalam aliran adat Datuk Parpatih Nan Sabatang terdapat beberapa hal yang khas.tentang motto adat, sistem pemerintahan, tentang pewarisan gelar penghulu, dan sebagainya.

Perbedaan yang khas ini mempengaruhi hal-hal lain seperti kata-kata adat, bentuk bangungan. Alai adat serta bentuk bangunan rumah gadang.

Misalnya pada salah satu motif ukiran yang ada di Museum Istano Pagaruyung adalah Jalo Taserak. Ukiran ini banyak menghiasi langit-langit atau loteng Museum Istano Basa Pagaruyung. 

Ukiran jalo taserak Kita mengenal ungkapan; ‘Jalo taserak di nan dangka, Ikan lari ka nan dalam, Alek bak kato urang sipangka, intan talatak di nan kalam.Alek bapanggia mangko tibo, Buruak nan datang bahambauan.Barek ringan saiyo satido, Musuah nan indak baimbauan

Melambangkan garis pemisah antara yang baik dan buruk. Seandainya perbedaan antara baik dan buruk itu telah diketahui maka akan selamat dalam hidup bermasyarakat dan tidak tersesat kepada perbuatan yang melanggar hukum.

Melihat bentuk dan kegunaannya, oleh para ahli adat dan seniman ukir Jalo Taserak (Jala Tersebar) dihubung-hubungkannya dengan pengertian ‘kurungan’ manusia yang telah divonis karena bersalah.

Hukum putuih badan tabuang (hukum putus badan terbuang). Yang mengambil keputusan terakhir adalah penghulu. 

Jadi ada hubungan motif ragam hias ukiran ini dengan kepenghuluan, yaitu hubungan yang memberi makna dalam bentuk simbol, simbol kata putus pada penghulu.

 Itulah sebabnya maka motif ragam hias ukiran yang masuk ke dalam kelompok ini sering muncul pada bidang galeung raban (tutup kolong rumah).

Jalo Taserak ini melambangkan sistem pemerintahan Datuk Parpatih Nan Sabatang dalam proses mengadili seseorang yang melanggar hukum dengan cara mengumpulkan data dan kemudian dipilah-pilah hingga akhirnya diketahui siapa yang sebenarnya bersalah.

Sumber : Khairuzzaky: Kajian Struktur Ragam Hias Pada Istano Basa Pagaruyung, seputaradatminangkabau.blogspot.com

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *