News  

Jembatan Gantung Padang Datar Butuh Perbaikan Segera

Pagaruyung,metrosumatranews.com.                            Jembatan gantung yang sangat membantu perhubungan dan angkutan pertanian bagi petani dikawasan Sawah Baruah Ateh sungkai,Sawah Padang dan Jalan gadih di Jorong Padang Datar Pagaruyung kecamatan Tanjung Emas kini kondisinya memperihatinkan dikhawatirkan akan memakan korban.

Kondisi jembatan itu saat ini sudah perlu perbaikan teruma lantai jembatan meskipun bantalan nya masih kokoh termasuk kawat gantungan dantiang jembatan, metrosumatranews.com  yang melihat langsung kondisi jembatan tersebut Senin (12/07/2021) dan melintas diatas jembatan gantung yang setiap hari dilalui petani ini khawatir lantai jembatan itu patah karena sudah banyak yang keropos dan lapuk.

Jembatan ini adalah swadaya masyarakat dan sumbangan anggota DPRD Dapil Tanjung Emas Padang Ganting dan Lintau Buo Heri Hendri SP. Serta sumbangan dari warga yang dikerjakan dengan gotong royong beberapa tahun lalu dengan panjang bentangan 25 Meter dengan lebar 2 Meter selain dapat dilalui dengan jalan kaki dapat juga dilewati kendaraan roda dua.

Wali Nagari Pagaruyung S.Dt.Magek dan ketua kelompok Tani Sawah Barua jorong Padang Datar A.Dt.Sikoto mengatakan dana Nagari saat ini belum tersedia untuk perbaikanya karena penggunaan dana Nagari sudah diprogramkan sesuai dengan kesepakatan Musrembang tahun lalu dan sudah masuk kedalam Rencana pembangunan fisik tahun ini. Tentunya  kemungkinan dapat dialokasikan pada tahun depan sedangkan jembatan ini sudah perlu perbaikan segera.

 Untuk itu kepada Pemerintah Daerah melalui Dinas terkait sangat dibutuhkan bantuanya apa lagi dalam Minggu depan Wakil Gubernur Sumbar direncanakan akan melakukan panen padi perdana yang memakai pupuk organik super Eco Farming yang satu satunya jalan hanya menempuh jembatan ini ujarnya. Selain Wakil Gubernur tentu juga akan dilewati oleh Bupati Tanah Datar bersama undangan dan.masyarakat lainya. Semoga jembatan gantung Kalumpang ini dapat diperbaiki sebelum acara dilaksanakan ulas Dt.Sikoto (M/stm).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *