Agama  

Jorong Saruaso Barat Menggelar Pelaksanaan  Shalat Idul Adha 1442 H/2021  Tetap Mematuhi Prokes Covid-19

Tanjung Emas, metrosumatranews.com. Masjid Raya Nagari Saruaso yang terletak di Jorong Saruaso Barat Kecamatan Tanjung Emas Tanah Datar menggelar pelaksanaan  Shalat Idul Adha 1442 H/2021  dengan tetap mematuhi Protokol Kesehatan Covid 19 hari Selasa (20/07/2021).

Walinagari Saruaso diwakili Ketua Ketua BPRN  Malin Pahlawan dalam sambutannya mengajak warga Nagari Saruaso bagi yang mampu untuk ikut menjadi  peserta qurban  di Masjid Raya Saruaso .

Ketua BPRN juga melaporkan masalah penerimaan BLT untuk 164 Kepala Keluarga ( KK ) bagi masyarakat yang kurang mampu dan masyarakat yang sedang menderita sakit menahun dimasa Pandemi ini.

Dia juga mengajak masyarakat nagari Saruaso untuk tetap menjaga persatuan untuk mewujudkan pembangunan Nagari.

Ketua pengurus Masjid Raya Saruaso H. Masrial dalam laporannya menyampaikan untuk tahun ini Masjid Raya Saruaso menggelar penyembelihan sebanyak 6 (enam) ekor sapi. Dagingnya akan didistribusikan kepada masyarakat di Nagari Saruaso di  sekeliling Masjid Raya Saruaso

Sebagaimana pelaksanaan Shalat Idul Adha 1442 H/2021 M itu, bertindak sebagai Khatib Al Ustadz H. Alinardius, MA Kasi Bimas Islam Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanah Datar, dan sebagai Imam Shalat  ustadz Rustam.

Adapun judul Khutbah yang dikupas pada pelaksanaan shalat Idul Adha tahun 1442 H/2021 M ialah “ Tiada artinya Shalat Idul Adha Tanpa Adanya Pelaksanaan Ibadah Qurban” .

Ibadah Qurban adalah warisan dari Nabi Ibrahim yang waktu itu dia rela mengorbankan Anak Kesayangannya sendiri Nabi Ismail melalui mimpinya yang diperintahkan Allah SWT untuk diqurbankan sesuai dengan sejarah Islam yang kita ketahui.

Dari sejarah Nabi Ibrahim tersebut, Khatib mengajak, marilah kita sebagai umat Islam untuk selalu  meneladani perilaku Nabi Ibrahim itu. Qurban yang kita lakukan setiap tahun haji merupakan kebahagian bagi masyarakat kita. Dan saat ini untuk menjadi seorang peserta qurban hanya mengeluarkan dana Rp. 2,5 juta. (STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *