News  

Ka Kankemenag Kabupaten Tanah Datar Membuka Secara Resmi Penilaian Visitasi Akreditasi MTsN 5 Tanah Datar Paninjauan

X Koto, metrosumatranews.com.
Sebagaimana Visitasi Akreditasi Madrasah tahun 2022 merupakan sebuah tolak ukur dari suatu Madrasah dalam menjalankan semua program yang telah disusun secara baik dalam rangka mewujudkan Madrasah yang hebat dan bermartabat.

Itulah yang ditegaskan Ka Kankemenag Kabupaten Tanah Datar H. Syahrul dalam arahannya ketika membuka secara resmi Penilaian Visitasi Akreditasi MTsN 5 Tanahdatar Paninjauan Kabupaten Tanah Datar berlangsung di Madrasah tersebut Rabu (28/7/2022).

Hadir dalam acara tersebut Pengawas madrasah, wali nagari Paninjauan, para kepala jorong dan alumni madrasah tersebut.

Dia menjelaskan suksesnya penilaian Visitasi Akreditasi suatu madrasah sangat ditentukan dengan adanya dukungan dan kerjasama yang baik dari seluruh komponen yang ada di madrasah tersebut.

Karena itu sangat dibutuhkan kerjasama yang baik antara Pihak Madrasah dengan Pengurus Komite dan Tokoh masyarakat baik yang ada di kampung halaman maupun di perantauan. Untuk itu bangunlah jembatan silaturrahmi dan kerjasama yang baik dengan masyarakat Paninjauan Kec. X Koto tersebut.

Diakhir arahannya Ka Kankemenag meminta agar pihak madrasah dapat melayani Tim Assesor Akreditasi itu dengan baik dan tunjukan dokumen yang dibutuhkannya. Sehingga Akreditasi A yang telah diraih MTs N 5 Tanahdatar dapat dipertahankan dan ditingkatkan.

Sementara Kepala MTsN 5 Tanah Datar Paninjauan H. Tarmizi dalam laporannya mengucapkan terima kasih atas suport dan dukungan Ka Kankemenag H. Syahrul dalam kelanjutan dan pengembangan pembangunan Asrama dan Mushallah madrasah yang sedang berlangsung.

Untuk pembangunan mushalla, dananya berasal dari sumbangan para alumni madrasah tersebut yang telah menghabiskan dana sebanyak Rp. 60 juta.

Sementara untuk pembangunan Asrama permanen berlantai tiga direncanakan akan menghabiskan dana sekitar Rp. 3,1 Milyar berasal dari Komite madrasah tersebut. Dana yang terkumpul Rp. 109 juta sudah dimanfaatkan untuk pembangunan pondasi Asrama.

Sedangkan untuk penambahan pembangunan empat lokal belajar dananya juga berasal dari Komite madrasah dan telah menghabiskan dana Rp. 70 juta.

Untuk kelanjutan pembangunan Asrama, Lokal Belajar dan Mushalla madrasah tersebut Kepala Madrasah sangat membutuhkan bantuan dan sumbangan dari donatur, masyarakat yang ada di Paninjauan dan perantauan.

Jumlah siswa MTsN 5 Tanahdatar Paninjauan tahun pelajaran 2022 / 2023 ini berjumlah sebanyak 462 orang dengan 17 Rombel.

Dia menjelaskan Madrasahnya sangat diminati masyarakat, karena madrasah tersebut sekarang sudah punya Asrama darurat yang saat ini dihuni oleh 50 orang siswa ( 25 pa dan 25 Pi ) berasal dari Jakarta, Prov. Riau, Dharmasraya, Solok Selatan dan Sijunjung ). (Y/STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *