News  

Kantor KAN Termegah Bakal Ada di Nagari Sungai Jambu Pariangan

Pariangan,metrosumatranews.com.  Kerapatan Adat Nagari (KAN) Nagari Sungai Jambu bangun Kantor KAN,  Bakal memiliki Kantor KAN dengan rencana biaya sampai selesai siap ukir ditambah rangkiang satu sebesar Rp 1,5 Milyar.

Jika kantor KAN ini siap maka kita akan memiliki Kantor KAN termegah di Kabupaten Tanah Datar ujar
Ketua KAN Nagari Sungai Jambu Dt Tianso.

Diakuinya, pembangunan Kantor KAN merupakan renovasi dari pembangunan Kantor sebelumnya yang semi permanen dan kemudian ditingkatkan menjadi Permanen, pembangunannya juga tidak terlepas dukungan penuh dari Wali Nagari Sungai Jambu yang telah mengalokasikan dana untuk KAN.

Juga adanya dukungan dan muvasi masyarakat Sungai Jambu baik berada di kampung halaman maupun yang berada di perantauan.

Pembangunannya sejak tahun 2017 dan sudah menghabiskan dana sebesar Rp 500 juta atau kondisi sampai saat ini masih dalam pengerjaan.

Sedangkan Kantor KAN yang dibangun itu berukuran 6 x 14 dan fasilitas kantor KAN itu setelah siap nanti dilengkapi ruang rapat rapat, dan kantor‚ÄĚdengan arsitek pembangunan saya sendiri bersama khatik marajo.

Kita berharap Pembangunan Kantor ini cepat selesai disamping dana Nagari kita juga minta akan minta bantuan kepada bupati Tanahdatar Eka Putra maupun gubernur Sumbar Mahyeldi serta dana pokok pikiran anggota DPRD tanah Datar dan Sumbar
Kemudian juga kepada perantau.

Karena Kantor KAN juga merupakan marwah dari ninik mamak penghulu Sungai Jambu dengan jumlah penghulu seluruhnya sebanyak 152 penghulu dari enam suku masing masing suku yaitu, Piliang, Piliang Sani, payobadar, Caniago,kuantan dan sungai napar.

Sebagaimana yang tersebar pada Jumlah Jorong, ada empat Jorong, yaitu Jorong sungai jambu, Jorong labuatan, Jorong Batur, dan Jorong bulan sariak Jambak ulu sehingga dapat dimamfaatkan oleh Pengurus KAN dalam mempertahankan dan menjaga kelestarian adat.(net/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *