News  

Kelanjutan Pembangunan Pasar Koto Baru X Koto Tanah Datar Tahun 2021 Ini

Batusangkar,metrosumatranews.com.   Pasar Koto Baru X Koto Tanah Datar Sumatera Barat segera lanjutkan Pembangunannya yang telah diawali tahun 2019 yang lalu.

Sebagaimana telah mampu mengatasi kemacetan panjang, diharapkan segera tahun 2021 ini dilanjutkan lagi sesuai dengan perencanaan awal.
          
Hal tersebut disampaikan oleh Sekretaris Daerah Tanah Datar Drs. Irwandi.Msi menjawab pertanyaan metrosumateranews.com Sabtu lalu disela sela acara pengantar tugas Bupati Tanah Datar di Gedung Nasional Maharajo dirajo.

Alhamdulillah sesuai dengan harapan masyarakat dan Pemerintah Daerah Tanah Datar pembangunan lanjutan Pasar Koto Baru dapat dimulai lagi, karena dalam tahan awal pembangunan tahun 2019 lalu baru sepertiga bagian yang terbang, dengan pendanaan Bantuan khusus Provinsi Sumatera Barat Rp.13 Milyar dari total dana Rp.29 Milyar yang dibutuhkan, untuk menuntaskan keseluruhan unit bangunan yang direncanakan ujar Sekda yang putra daerah Koto Baru tersebut.

Menurut Sekda sumber pendanaan untuk lanjutan pembangunan pasar Koto Baru ini sudah kita ajukan kepada Gubernur Sumbar yang lalu. Tentu dapat direalisasikan oleh Gubernur yang baru ulasnya lagi.
           
Diakuinya memang sejak setahun lalu dana lanjutan pembangunan pasar ini tidak  tersedia baik pada APBD Tanah Datar maupun dalam APBD provinsi Sumatera Barat, karena hampir semua dana fisik tersedot untuk penanganan Pandemi Covid 19.

Tentu tahun   anggaran 2021 diawal kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar Eka Putra SE dan Richi Aprian SH kita doakan dapat dilanjutkan lagi melalui bantuan APBD provinsi Sumatera Barat dan APBN.
           
Seperti pada DED pembangunan baru Pasar Koto Baru ini dimundurkan dari posisi semula dan dibuka jalan lingkar ke belakang, pasar  yang sudah dibebaskan tanahnya seluas 3.500 Meter ini telah mengurai kemacetan setiap hari pasar yang terjadwal sejak puluhan tahun silam.
           
Hal sama juga diungkapkan Dt.Pisang salah seorang tokoh masyarakat Koto Baru kepada media ini, Insyaalloh tahun anggaran sekarang pasar Koto Baru akan dilanjutkan

Pembangunannya seperti kelanjutan pembangunan Ruko ,Kios.los terbuka untuk sayuran dan buah, menara pandang dan plataran.parkir dengan total kebutuhan dana Rp.16 Milyar lebih.

Namun belum diterima keterangan secara rinci tentang ketersediaan  dana tersebut  pada APBD provinsi sesuai dengan pengajuan pembiayaan dari Pemda Tanah Datar secara terperinci (M)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *