Daerah  

Kemenag Tanah Datar Menggelar Penyembelihan Hewan Qurban

Batusangkar,metrosumatra.com.

Keluarga besar Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Datar tahun 1445 H/2024 M menggelar penyembelihan hewan qurban,berlangsung di area parkir belakang Kantor Kemenag setempat, Rabu (19/6/2024) lalu.

Sepuluh ekor sapi dan tiga ekor kambing yang disembelih, sembilan ekor sapi berasal dari keluarga besar Kemenag Kabupaten Tanah Datar yang disembelih di Kantor Kemenag.

Sementara satu ekor sapi dan satu ekor kambing berasal Kanwil Kemenag Sumbar serta 2 ekor kambing dari perorangan Khairul Anwar dan Bank Syariah Indonesia Cabang Batusangkar (BSI) yang disembelih di Pabalutan, Kecamatan Rambatan serta didistribusikan kepada masyarakat setempat yang dilanda musibah banjir bandang (galodo) Gunung Marapi beberapa waktu lalu.

Penyembelihan pertama hewan qurban tersebut dilakukan Kepala Kantor Kemenag H. Amril, disaksikan Plt. Kasubbag TU, seluruh Kepala Seksi dan Penyelengara, sebagian Kepala Madrasah dan Kepala KUA Kecamatan, pejabat fungsional serta ASN kantor Kemenag Tanah Datar.

Kepala Kantor Kemenag, H. Amril mengharapkan dengan adanya penyelenggaran ibadah qurban tersebut dapat mempererat silaturrahmi diantara ASN jajaran Kemenag Tanah Datar dan sekaligus untuk mengevaluasi diri dengan banyaknya cobaan dan mudibah bencana alam yang melanda umat manusia di Tanah Datar. 

Dalam kesempatan tersebut H. Amril berharap agar peserta qurban di jajaran Kemenag Tanah Datar untuk tahun depan dapat lebih meningkat dari tahun sekarang, untuk itu Ia meminta para pejabat, Kepala Madrasah, Kepala KUA Kecamatan dan ASN Kemenag Tanah Datar dapat bergabung di Kantor Kemenag untuk ikut sebagai peserta qurban.

Adapun daging qurban yang disembelih di Kantor Kemenag didistribusikan ke 63 peserta qurban dan 435 kupon yang dibagikan ke masyarakat sekitar. 

“Kepada panitia pelaksana qurban Kemenag, agar dalam mendistribusikan daging qurban itu dapat dilaksanakan dengan baik kepada fakir miskin, kerabat dan tetangga terdekat”, ujar H. Amril. 

Terakhir H. Amril berharap agar pelaksanaan ibadah qurban untuk tahun berikutnya lebih ditingkatkan lagi.

Penyembelihan dilakukan Rabu pagi sekitar pukul 09.00 WIB dan pembagian daging dapat dilakukan mulai pukul 15.00 WIB.(Kmng/STM).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *