Budaya  

Ketua Dekramasda Kuansing Melaunching Batik Khas Kuansing Motif Harimau

Kuansing, metrosumatranews.com.
Agar terus bisa bersaing di pasar lokal dan luar daerah, berbagai motif batik khas  Kuansing terus dikembangkan baru baru ini.

Ketua Dekramasda Kuansing Wella Mayanhsari, SE.MSi melaunching batik khas Kuansing dengan menonjolkan motif Harimau.
Sebelumnya, kebanyakan motif batik Kuansing yang sudah ada dikenal masyarakat, lekat dikaitkan dengan budaya seperti jalur, perahu begandung, silat Pangean, pendayung dan lainnya.

Kepada awak media ini  Wella menjekaskan, kita ingin terus mengembangkan inovasi baru kepada para pengrajin batik yang ada, kata Wella.

Menurut Wella, batik dengan motif Harimau terinspirasi dari kearifan lokal masyarakat Kuantan Singingi. Di mana, sebuah mitos di tengah masyarakat bahwa Harimau dipandang oleh masyarakat sebagai hewan yang sangat bijak dalam membaca dan memahami fenomena alam.

Pemahaman itu, selanjutnya dikemas dalam aturan hidup bermasyarakat. Sehingga, dapat dipahami bahwa makluk hidup selain manusia dapat berperan dalam menata kehidupan bermasyarakat.

Atas mitos yang dimiliki oleh hewan seperti Harimau itulah, tak salah kiranya dituangkan dalam bentuk karya seni  batik Kuansing dengan motif Harimau ini, jelas Wella.

Mudah-mudahan motif terbaru ini bisa diterima masyarakat pencinta batik. Sehingga, menambah khasanah dan pilihan yang ada. Ke depan akan terus dikembangkan motif-motif lainnya dengan memanfaatkan potensi dan kearifan lokal yang ada, pungkasnya.(Hari)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *