News  

Ketua TPPKK Tanah Datar Berdiskusi Dengan Ketua TPPKK Kecamatan Menyusun Strategi

Batusangkar,metrosumatranews.com.
Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Tanah Datar ikuti rapat bersama Pemerintah Daerah dan Forkopimda setempat,  Rabu (17/11/2021).

Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra usai rapat itu ditempat yang sama langsung berdiskusi dengan Ketua TPPKK Kecamatan menyusun strategi bagaimana upaya meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa faksin itu aman dan sangat bermanfaat untuk imun tubuh dan dapat meminimalisir resiko berat terpapar virus yang dapat mematikan tersebut.

Sebagaimana sukseskan Program vaksinasi covid-19 guna meningkatkan imun tubuh dan meminimalisir serta memutus mata rantai penyebaran Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus 2 (SARS-CoV-2) atau yang lebih dikenal virus corona.

“Saya berharap kader PKK mulai di tingkat kabupaten hingga jorong dapat menjadi lokomotif yang mampu menggerakan masyarakat dan memotivasi bahwa vaksin itu aman dan mengajak masyarakat yang belum divaksin untuk datang ke gerai-gerai vaksin di daerah masing-masing,”ucapnya.

Ny. Lise Eka Putra juga ingatkan kepada masyarakat yang sudah divaksin jangan lupa tetap disiplin dengan protokol kesehatan (prokes) untuk memberikan perlindungan maksimal tidak hanya untuk diri sendiri, juga keluarga dan masyarakat sekitarnya.

Sebelumnya Bupati Tanah Datar Eka Putra juga mengajak ASN untuk ikut berpartisipasi aktif mengajak dan memotivasi masyarakat agar mau ikut divaksin covid-19, karena vaksin sebagai antibodi dan meningkatkan imun tubuh dari terpapar virus corona tersebut.

“Saat ini capaian angka vaksin kita masih dilevel tiga, tentu kegiatan sosial, ekonomi kemasyarakatan dan lain sebagainya masih terganggu, jadi ini sebagai salah satu dasar kenapa kita adakan pertemuan dengan berbagai lembaga unsur, tidak lain untuk menyatukan niat dan persepsi terhadap kepedulian program pemerintah terkait vaksinasi covid-19 ini,”ucapnya.

Untuk target capaian angka vaksinasi di Tanah Datar dikatakan Eka Putra hingga Desember mendatang bisa mencapai di atas 50 persen, dari itu Eka berharap Dinas Kesehatan menyiapkan program vaksinasi yang melibatkan peran aktif ASN mengajak masyarakan ikut vaksin minimal satu ASN membawa satu masyarakat ikut vaksin di gerai vaksin di daerah masing-masing.

Bupati juga meminta para camat untuk mendata ulang warga yang belum di vaksin dan berupaya menggerakkan warga yang belum divaksin agar mau divaksin. Bahkan Bupati juga tegaskan jika terkendala untuk transportasi maka bisa digunakan mobil dinas pada OPD untuk menjemput warga yang akan divaksin.

Di dalam ekspose Kepala Dinas Kesehatan yang disampaikan Kadis Yesrita Zedrianis bahwa yang akan divaksin saat ini adalah usia di atas 13 tahun, ibu hamil dan ibu menyusui.

Untuk capaian vaksinasi tertinggi dikatakannya tenaga kesehatan yaitu 113 persen, pelayanan publik 91 persen, lansia baru 14,8 persen, remaja 71 persen dan masyarakat baru 28 persen, sehingga capaian angka vaksinasi di Tanah Datar baru 36,9 persen.

Untuk ketersediaan vaksin saat ini dikatakannya Moderna, Sinovac dan Pfizer dengan jumlah dosis hingga saat ini 11 ribu lebih.

Rapat bersama DPRD, Forkopimda, OPD, lingkup pemkab Tanah Datar, Camat se-Tanah Datar, TPPKK Tanah Datar, Wali Nagari se-Tanah Datar, KAN, Niniak Mamak dan pemuka masyarakat yang dimoderatori Dinas Kesehatan itu juga disampaikan ekspose dari Kapolres Tanah Datar dan Kapolres Padang Panjang.

Usai rapat Bupati Eka Putra bersama Anggota DPRD, Kapolres Tanah Datar, Ketua TPPKK Tanah Datar Ny.Lise Eka Putra, Camat Lima Kaum, WN Lima Kaum dan Kapolsek meninjau langsung pelaksanaan program vaksinasi di SDN 14 Kecamatan Lima Kaum yang dilaksanakan Badan Intelijen Negara. (H/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *