Daerah  

Ketua Umum PMI Jusuf Kalla Tinjau Lokasi Terdampak Bencana Banjir Bandang

Limakaum,metrosumatra.com.

Ketua umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla berkunjung ke Tanah Datar Selasa, (14/5/2024) tepatnya di Nagari Limakaum, mengatakan prihatin dan turut berdukacita atas musibah yang melanda Sumatera Barat khususnya di Tanah Datar

Sebagaimana Jusuf Kalla didampingi isteri Mufidah Jusuf Kalla didampingi langsung oleh Bupati Tanah Datar Eka Putra SE, MM, dalam rangka meninjau lokasi terdampak bencana banjir bandang serta menyalurkan bantuan mendesak bagi warga terdampak.

“Saya prihatin atas musibah ini dan juga kepada saudara kita yang menjadi korban dari bencana banjir bandang ini,” bencana tersebut adalah pembelajaran serta peringatan kepada kita bersama dalam menjaga lingkungan.

“Sebab utama banjir bandang ini adalah kerusakan lingkungan. Ini menjadi peringatan bagi kita semua, kita tidak menyalahkan siapa siapa mari kita instrospeksi diri kita masing-masing,” kata dia.

Dia menyebut, terkait banjir bandang yang melanda Sumatera Barat, PMI lebih fokus kepada tanggap darurat membantu masyarakat yang membutuhkan.

Baik bantuan berupa makanan sehari hari, perlengkapan hidup seperti selimut, pakaian, serta kebutuhan mendesak lainnya.

“Karena masyarakat yang terdampak itu pastilah hilang semuanya. Jadi PMI lebih banyak kepada tanggap darurat membantu masyarakat yang membutuhkan,” kata dia.

Bupati Tanah Datar Eka Putra dikesempatan itu mengatakan, banjir bandang di daerah itu menerjang enam kecamatan. Kecamatan X Koto, Batipuh, Pariangan, Lima Kaum, Rambatan, dan Sungai Tarab.

Saat ini Pemkab Tanah Datar dibantu petugas gabungan terus melakukan upaya pencarian terhadap korban yang dilaporkan masih hilang dan menyalurkan bantuan logistik serta membentuk dapur umum.

Lalu Bupati Tanah Datar mengimbau kepada warga Tanah Datar bagi yang merasa kehilangan anggota keluarga pasca banjir bandang diharapkan untuk menginformasikan identitas anggota keluarga ke posko utama di Gedung Indojolito Batusangkar.(Km/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *