Daerah  

KIA Diberikan Kepada Siswa-Siswi SDN 13 Nagari Minangkabau Oleh Ketua TPPKK Tanah Datar

Sungayang,metrosumatranews.com.

Sebagaimana Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kabupaten Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra ajak anak-anak untuk membudayakan menabung sedari dini, karena dengan menabung dan pola hidup hemat bisa sukses.

Itulah yang dikatakan Ny. Lise Eka Putra ketika memberikan Kartu Identitas Anak (KIA) kepada siswa-siswi SDN 13 Nagari Minangkabau Kecamatan Sungayang, Sabtu (24/02).

“Mari tanamkan budaya menabung pada anak semenjak dini, dengan menabung dan hidup hemat bisa sukses dan kaya nantinya, rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya, “ucapnya.

KIA yang dikeluarkan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) tersebut banyak manfaatnya untuk kelengkapan administrasi bagi anak, layaknya Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi orang dewasa.

Disampaikan Ny. Lise Eka Putra pembagian KIA ini sudah masuk gelombang II dan Dukcapil juga sudah gercap atau gerak cepat memproses KIA sehingga dengan cepat juga didistribusikan kepada siswa-siswi Sekolah Dasar di Tanah Datar.

“Banyak kegunaan dan keuntungan dengan KIA terkhusus untuk dokumen kependudukan anak, membuka buku rekening tabungan baru di bank dan pengurusan lainnya bagi anak, jadi kepada ayah dan bunda mohon dijaga KIA ini seperti ayah dan bunda menjaga KTP, “ujarnya.

Terkait ajakan menabung sedari dini dikatakan Ny.Lise Eka Putra, ini akan melatih anak mandiri, mengatur keuangan sendiri, disiplin dan punya cita-cita yang tinggi.

Ny. Lise Eka Putra juga berpesan agar anak-anak tidak tinggal ibadah shalat lima waktu, sarapan sebelum berangkat kesekolah, sehingga fisik akan lebih kuat dan juga bersemangat dalam menerima pelajaran.

Sebelumnya Kepala SDN 13 Nagari Minangkabau Murtina mengatakan saat ini KIA baru dibagikan pada murid kelas IV, V dan VI karema pada saat yang sama juga ada agenda sekolah untuk kelas I, II dan III yaitu wisata edukasi di tempat-tempat sejarah disekitar Kota Batusangkar dan juga lomba penyanyi cilik,

“Suatu kebahagiaan tersendiri, rasa syukur dan bangga kami sampaikan atas kunjungan Ibu Ketua TPPKK Tanah Datar Ny. Lise Eka Putra, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, Camat Sungayang, Wali Nagari Minangkabau, Pengurus TPPKK kecamatan dan nagari yang telah berkenan hadir memberikan pembinaan sekaligus langsung menyerahkan KIA, “ujarnya.

Dikatakan Murtina pada tahap kedua ini siswa-siswi yang didaftarkan sebanyak 56 orang yaitu siswa kelas I, II, III dan IV dan untuk kelas V dan VI pengurusan tahap pertama. (h/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *