Daerah  

KSM Tingkat Kabupaten Tanah Datar 2024 di MAN 2 Tanah Datar

Limakaum,metrosumatra.com.

Sebagaimana Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten Tanah Datar 2024 resmi dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Tanah Datar, H. Amril pada Sabtu (29/6/2024) bertempat di halaman MAN 2 Tanah Datar. 

Dimana agenda tahunan ini akan berlangsung selama 3 hari pada 1-3 Juli 2024 dan diselenggarakan di dua tempat yaitu di MAN 2 Tanah Datar dan MTsN 6 Tanah Datar. 

Pembukaan ini dihadiri oleh seluruh Kepala Madrasah yang ada di Kabupaten Tanah Datar, perwakilan siswa Madrasah, sejumlah guru, staf Seksi Pendidikan Madrasah (Penmad) Kemenag dan tamu undangan lainnya.

Itulah laporan Plt. Kepala Seksi Penmad Agustamam, bahwa tujuan kegiatan KSM ini antara lain menyediakan sarana bagi siswa untuk mengembangkan bakat dan minat di bidang sains, meningkatkan mutu pendidikan sains di Madrasah, mempersiapkan siswa mengikuti KSM tingkat nasional dan internasional, serta membangun budaya kompetisi yang sehat di Madrasah. 

“Melalui KSM ini kita tingkatkan kualitas Madrasah dengan mengambil tema sesuai tagline Madrasah saat ini yaitu Madrasah Maju, Bermutu dan Mendunia”, ujar Agustamam.

Lebih lanjut Ia menjelaskan bahwa di tahun ini terdapat perubahan sistem pada KSM antara lain soal-soal HOTS (Higher Order Thingking Skill), penilaian berbasis portofolio dan pemanfaatan teknologi. 

“Siswa diuji untuk berpikir tingkat tinggi seperti menganalisis, mengevaluasi dan memecahkan masalah. Selain itu penilaian juga memperhatikan portofolio siswa seperti karya ilmiah, prestasi akademik dan non akademik”, tambah Agustamam.

Seleksi peserta KSM sendiri telah berlangsung di masing-masing satuan pendidikan pada 24 Mei hingga 7 Juni 2024, kemudian pendaftaran peserta pada 7-23 Juni 2024. 

Sebelumnya dilakukan uji coba KSM di tanggal 28-30 Juni 2024, kemudian di tanggal 1-3 Juli pelaksanaan KSM dengan peserta tingkat Madrasah Aliyah, Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Ibtidaiyah di Kabupaten Tanah Datar akan dilaksanakan.

Pada sambutannya, Kepala Kantor Kemenag, H. Amril menerangkan bahwa tagline Madrasah diharapkan mampu melahirkan generasi muda yang cerdas, berprestasi dan mampu bersaing di tingkat yang lebih tinggi berbekal ilmu sains dan teknologi. 

Selain itu subtema KSM 2024 diintegrasikan melalui soal-soal seperti sains terintegrasi keislaman, sains terintegrasi budaya dan sains murni.

 “Diharapkan subtema ini memotivasi siswa Madrasah mempelajari sains secara komprehensif, tidak hanya dari sisi ilmu pengetahuan, tetapi dari segi nilai agama dan budaya”, papar H. Amril.

Pada akhir sambutannya, H. Amril berpesan kepada siswa peserta KSM agar semangat, jujur dan menjunjung tinggi sportifitas, sementara pesan untuk guru pendamping agar siswa peserta dibimbing dengan baik dan maksimal. 

“Semoga KSM tahun ini berjalan lancar dan sukses, sehingga melahirkan generasi muda yang cerdas, berprestasi dan mampu mengharumkan bangsa dan negara”, tutup H. Amril seraya kemudian membuka kegiatan KSM 2024 tersebut. (Kmng/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *