Kunjungan Perdana Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh di MTsN 2

Kunjungan Perdana Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh di MTsN 2

Payakumbuh, – Kunjungan pertama Kepala Dinas Pendidikan Kota Payakumbuh Ke MTsN 2,  Kota Payakumbuh, Dasril bersama tim tidak mengendarai mobil dinasnya, tapi mengendarai mobil pribadi yang parkir di depan kantor madrasah. 

Tercatat, ini merupakan kunjungan perdana Dasril sejak dilantik Wali Kota Payakumbuh, Riza Falepi pada 1 Oktober 2021 lalu menjadi pejabat eselon II Kepala Dinas Pendidikan, di kota ini. Kehadiran Dasril dan rombongan disambut Kepala madrasah diwakili Waka Kurikulum mesra Definta didampingi Kaur TU Murda Ayudi

Saat dikomfirmasi terkait kunjungannya di madrasah yang terletak di Talawi, kenagarian Koto Nan Godang, kecamatan Payakumbuh Utara adalah untuk melakukan monitoring dan evaluasi pelaksanaan Asesmen Kompetensi Berbasis Komputer (ANBK) tingkat SMP/MTs.

Saat dikomfirmasi terkait kunjungan tersebut, Kepala Dinas Pendiidkan Dasril menerangkan bahwa dirinya dan beberapa orang tergabung dalam tim hadir untuk melihat langsung pelaksanaan ANBK di SMP/MTs di Payakumbuh.

“Sesuai surat tugas dari Sekretaris Daerah Kota (Sekdako) Payakumbuh bernomor 2353/ST/SETDA/2022, ada 30 pejabat terkait pendidikan (pemko dan kemenag) tergabung dalam 6 tim monitoring dan evaluasi yang akan monev di 20 SMP dan 6 MTs negeri dan swasta di Payakumbuh, tanggal 16 s/d 22 September 202,”terang Dasril diamini Korwas Armi, Nikmat Elva dan Rahmadini, bagian dari Tim I.

Diterangkannnya, Asesmen Nasional Berbasis Komputer (ANBK) diikuti 893 siswa SMP dan MTs sebanyak 218 siswa kelas VIII. Setiap sekolah dan madrasah mencadangkan 5 siswa. Dibantu proktor dan pengawas silang.

“ANBK tahun ini dilaksanakan dari tanggal 19–22 September 2022 di 20 SMP dan 6 MTs secara mandiri. Adapun peserta ANBK dimasing-masing sekolah atau madrasah sebanyak 45 siswa ditambah cadangan 5 siswa. Dinas Pendidikan telah memberikan pelatihan kepada proktor untuk menunjang lancarnya kegiatan ANBK ini. Instrumen penilaian dari ANBK terdiri Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) yang mengukur literasi membaca dan matematika (numerasi) murid serta survei karakter yang mengukur sikap, nilai, keyakinan, dan kebiasaan yang mencerminkan karakter murid.”

“Termasuk Survei Lingkungan Belajar yang mengukur kualitas berbagai aspek input dan proses belajar-mengajar di kelas maupun tingkat satuan pendidikan.” tutupnya.

Waka Kurikulum, Mesra Definta selaku Ketua panitia ANBK di MTsN 2 Payakumbuh mengucapkan terima kasih atas kunjungan monev dari tim kota, termasuk binaan yang diberikan. Sebelumnya, Kepala Kankenang yang tergabung dalam tim monev II sudah hadir monev di MTsN 2 Kota Payakumbuh, pada Senin.

“Alhamdulillah, ANBK kita berjalan lancar sesuai SOP. Kita laksanakan 3 sesi di labor komputer. Satu sesi terdiri dari 15 orang, berlangsung dari pagi hingga sore, sesuai petunjuk. Lima orang siswa kita siapkan sebagai cadangan. Hingga hari terakhir ini, Kamis (22/09/2022) siswa cadangan tidak mengikuti. Terima kasih,”pungkas Mesra Definta didampingi Murda Ayudi.(ul)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *