News  

Libur Lebaran, Kunjungan Wisatawan Ke Lembah Harau Capai 25 Ribu Orang

Limapuluh Kota, metrisumatranews.com — Sekitar 25 ribu wisatawan dari berbagai Provinsi di Indonesia berkunjung ke Objek Wisata Lembah Harau di Nagari Tarantang Kecamatan Harau Kabupaten Limapuluh Kota selama Libur Lebaran 1445 H atau tahun 2024, jumlah kunjungan itu jauh meningkat jika dibandingkan dengan kunjungan pada hari biasanya yang hanya mencapai 1500 orang. Bahkan hingga Senin 15 April atau dihari terakhir Libur, Objek Wisata yang terkenal dengan keindahan lembah itu masih didatangi wisatawan, baik menggunakan kendaraan roda empat, roda dua maupun bus.

Ramainya wisatawan yang datang sejak H+2 Lebaran tentu berdampak banyak bagi masyarakat sekitar, baik yang membuka usaha berjualan, oleh-oleh maupun usaha penginapan. Sehingga kedepannya sadar wisata berbagai pihak terus didorong agar jumlah kunjungan wisatawan terus meningkat.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (DISPARPORA) Kabupaten Limapuluh Kota, Syukrianda saat melakukan pemantauan ke Gerbang pintu masuk Lembah Harau dan ke sejumlah objek wisata di dalam kawasan Lembah Harau.

” Iya, Alhamdulillah kunjungan wisatawan ke Lembah Harau pada Libur Lebaran 1445 H ini meningkat cukup tinggi, kita memperkirakan terdapat sekitar 25 wisatawan dari berbagai daerah yang datang,” ucap Syukrianda didampingi Kabid Pariwisata, Nopi Rita dan Kabid Olahraga, Fadli Sutrisno, Senin sore 15 April 2024.

Ia juga menambahkan, wisatawan yang datang ke Lembah Harau tidak saja wisatawan dari berbagai Provinsi di luar Sumatera Barat, namun juga wisatawan dari Kabupaten dan Kota di Sumatera Barat. Sebab Lebaran biasanya kerap dimanfaatkan untuk membawa sanak saudara perantau berlibur ke objek wisata.

” Suasana pulang kampung para perantau biasanya juga dimanfaatkan oleh masyarakat kita di Sumatera Barat untuk mengajak berwisata ke berbagai objek wisata di Kabupaten Limapuluh Kota, termasuk ke Lembah Harau ini,” tambahnya.

Syukrianda juga mengucapkan selamat jalan kepada perantau yang telah kembali ke daerah masing-masing untuk kembali beraktivitas seperti biasanya.

” Selamat jalan dan terima kasih kami ucapkan kepada perantau yang pulang kampung dan berlibur ke berbagai objek wisata di Kabupaten Limapuluh Kota, semoga selamat sampai didaerah masing-masing,” tambahnya.

Tingginya kunjungan wisatawan ke Kabupaten Limapuluh Kota, tidak saja ke Lembah Harau, namun juga ke berbagai objek wisata lainnya di Kabupaten Limapuluh Kota, diantaranya ke Objek Wisata Kapalo Banda (WAKANDA) di Nagari Taram.

” Alhamdulillah dari tahun ke tahun Lembah Harau terus membaik, petugas di pintu masuk/karcis ataupun kawasan Objek Wisata itu sendiri. Semoga kedepannya bisa semakin baik dan sarana prasarana juga terus dilengkapi.” Harap Tini yang rutin pulang kampung ke Sumbar tiap Lebaran Idul Fitri itu. (FR).

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *