Lintas Alam Wisata Akan Membangkitkan Kembali Sejarah dan Peninggalan Bersejarah

Pagaruyung, metrosumatranews.com.
Lintas Alam Wisata yang digelar oleh Generasi muda Pagaruyung Kecamatan Tanjung Emas membangkitkan kembali sejarah dan peninggalan bersejarah di kawasan Nagari Pagaruyung.
       
Demikian disampaikan Bupati Tanah Datar diwakili Kepala Dinas Pariwisata Abdul Hakim Minggu kemaren yang dilepas di depan SKB Tanah Datar di Jorong Mandahiling Pagaruyung.
      
Dihadiri oleh Camat Tanjung Emas dan Wali Nagari serta sejumlah tokoh Masyarakat Pagaruyung. Diikuti sebanyak 23 regu peserta se  Tanah Datar menempuh rute bersejarah pada sejumlah objek wisata sejarah dan mempunyai historis yang mampu menambah wawasan sejarah dan budaya para peserta.
       
Wali Nagari Pagaruyung S.Dt.Magek menyampaikan kepada Media ini bahwa digelarnya kegiatan Lintas Alam Wisata ini ada menandai dimulainya geliat kegiatan satu Iven satu Nagari di Tanah Datar.

Selain itu juga sejalan dengan mengembangkan kawasan wisata di Pagaruyuang bukan hanya Istano Bassa Pagaruyung saja namun banyak lokasi yang bersejarah dan tidak kalah indahnya dari rumah gadang Istano Pagaruyung itu ujarnya.
     
Seperti yang diwajibkan pada 23 team peserta mengunjungi Surau Baukia di Kampuang Tangah, Luak Nan Tigo dan kuburan baatok di Padang Datar, Rumah Gadang Silinduang bulan di Balai Janggo, Luak Sopan Didiah.

Sebenarnya banyak lagi objek yang terkenal lain nya serta  seprti batu basurek, batu kasur, luak ranah Tanjuang Bungo, Lubuak anoman, kulak batu nan duo, batu pelompatan kambiang, batu patah, puncak Vela, bukik limo sakupang, Batu ambuang dan lain lain adalah bukti sejarah yang masik ada sampai sekarang.
       
Bagi generasi muda sejarah tentang peninggalan kuno itu mungkin sudah banyak yang tidak mengetahuinya seperti pernyataan Pagaruyung berbatas batu saja misalnya. Di selatan Batu Ambuang di Utara Batu Bau di Timur Batu Patah dan di Barat Batusangka.

Maka dengan tema Jelajah Alam lintas Pagaruyung ini adalah awal pengenalan nilai tersebut, semoga ini dapat dijadikan paket kunjungan wisata ke Tanah Datar terutama ke Nagari Pagaruyung.

Kepada Generasi muda Pagaruyung yang digerakan pemuda dan pemudi Jorong mandahiling bersama Mahasiswa KKN diucapakan terima kasih semoga dapat dicontoh oleh pemuda dan.pemudi yang lain ujar Wali Nagari Pagaruyung itu (M/Stm/)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *