News  

Loancing Klinik Eco Sahabat Tani Indonesia (KESTI) di Sumbar

Pasaman,metrosumatranews.com. Gubernur Sumatera Barat diwakili Kadis perkebunan tanaman Pangan dan Holtikutura Sumatera Barat Ir.Yustiadi Secara resmi melauncing terbentuknya Klinik Eco Sahabat Tani Indonesia KESTI di Sumatera Barat bertempat di nagari Binjai kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Kamis 3 Juni 2021.kemaren.

Gubernur menjanjikan 10 persen dari APBD Sumatera Barat akan dialokasikan untuk sektor pertanian mulai tahun anggaran mulai tahun 2021 ini. Karena Gubernur melihat para petani Sumatera Barat yang berlatar belakang pertanian bersama Wakil Gubernur.Ujar Kadis pertanian Sumbar itu.

Untuk itu gubernur menghimbau agar petani di Sumatera Barat betul betul dapat memanfaatkan program yang dapat meningkatkan hasil pertanian dan menekan biaya dengan menggunakan benih unggul dan pupuk Organik sehingga hasil pertanian kedepan benar2 hasil komoditi organik yang sehat.

Harapan kedepan kepada petani manfaatkanlah yayasan Klinik Eco Sahabat Tani Indonesia yang baru pertama di Indonesia ini di Sumatera sebagai wadah konsultasi bagi petani/mitra PT.Best dengan memakai pupuk organik super Aktif Eco Farming dan dipraktekkan oleh petani Sumatera Barat untuk meningkatkan produksi pertanian dan perkebunan.

Sementara itu koordinator dan pencetus ide terbentuknya KESTI Di sumatera Barat Oryza Sativa Amdkeb. Mengatakan bahwa terbentuknya KESTI di Sumatera Barat merupakan yang pertama di Indonesia.

Sebagai tahap awal sudah ada 12 klinik yang sudah diresmikan dari target 1000 klinik yg akan dibentuk di sumbar pada kesempatan ini penanggung jawab klinik dan team ahli serta team teknis KESTI diserahkan sertifikat resmi langsung oleh kadis perkebunan tanaman pangan dan Holtikultura legalitasnya di Sumatera Barat yg langsung diberikan PT.best sebagai perusahaan yg mengayomi KESTI dalam hal ketersedian pupuk organik eco farming…

KESTI tersebar dibeberapa kabupaten kota disumbar seperti Pasaman Padang Solok.pasaman Barat.Aceh Jaya dan akan menyusul kalimantan timur.Riau dan daerah lainya di Indonesia.

Adapun sasaran terbentuknya KESTI di Indonesia adalah untuk membantu usaha tani dari para petani di indoonesia Tersedianya media contoh usaha tani berbasis organik sehat dan ramah lingkungan.Terciptanya budaya penyelamatan lahan prtanian melalui pengembalian hak tanah Dengan teknologi pupuk organik aktif.

Selain itu terjadinya peningkatan produksi hasil tani masyarakat dan menekan biaya pengeluaran pupuk kimia yang selama ini sudah ketergantungan dengan pupuk kimia dan menggunakan pestisida yang berlebihan.

Oriza Sativa yang merupakan koordinator KESTI Indonesia meminta kepada para petani/mitra dan pemerintah utk sama2 satu tujuan utk mendukung program pemerintahan sumbar mengacu ke pertanian organik…serta para petani di setiap daerah dapat menjadikan yayasan KESTI ini sebagai wadah konsultasi sekaligus merupakan solusi bagi petani untuk mendapatkan lahan subur petani makmur serta dgn adanya edufikasi yg di lakukan dlm kegiatan KESTI merubah kebiasaan buruk petani selama ini secara bertahap..

Pesan singkat owner PT.best BPK H.FEBRIAN AGUNG melalui koordinator KESTI INDONESIA ORYZA SATIVA..dimana beliau sampaikan bahwa KESTI MERUPAKAN WADAH MITRA PT BEST MEMBANTU PERCEPATAN UTK MITRA/PETANI LAHAN SUBUR PETANI MAKMUR ..
Disamping itu ada motto dipakai diKESTI..”apapun jenis tanaman dan pupuknya yg penting aplikasinya tetap pakai eco farming”..

Walinagari Binjai kecamatan Tigo Nagari Kabupaten Pasaman Bustiar sangat antusias dengan wacana KESTI ini sehingga beliau meminta dan mengatakan siap sebagai percontohan nagari Binjai karena selama ini petani di Nagari binjai sangat sulit mendapatkan pupuk Kimia contohnya tahun ini kami membutuhkan 25.000 ton pupuk ternyata yang bisa dipenuhi hanya dengan pupuk bersubsidi sebanyak 7.000 ton saja ungkap bpk walinagari binjai..

Lanjutnya ini fakta terjadi sekarang dlm maslah pupuk subsidi..jd dgn adanya KESTI hadir di daerah masing2 menjawab masalah yg terjad8 hari ini…artinya KESTI ADALAH SOLUSI SAAT INI BAGI SEMUA PETANI .salah satu fungsi dan manfaat KESTI menekan biaya produksi dan meningkat hasil produksi ..

Sebagai langkah awal untuk membantu para petani di Nagari binjai ini pihak Bumnag nagari binjai dgn bijaksana dan cerdas mengambil sikap dan gerak cepat bersedia menjadi penggerak dan siap bermitra dengan para petani dengan menyediakan pupuk organik eco farming ini di Nagari binjai

Semoga yang kami laksanakan ini dapat pula dicontoh oleh Nagari lain di Sumatera Barat sehingga apa yang menjadi kenyataan dan komitmen Gubernur Sumatera Barat untuk kedepan kita mengkonsumsi hasil pertanian organik dapat terujud dalam waktu dekat ujarnya (Mrw)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *