News  

LPPM UNAND MENANDATANGANI PERJANJIAN KERJASAMA PEMAKAIAN MOTIF BATIK MINANG DENGAN UMKM BATIK PARIANGAN

Pariangan,metrosumatranews.com       Rabu (16/12) Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat LPPM) Universitas Andalas Padang melaksanakan perjanjian kerjasama pemakaian motif batik Minang dengan UMKM Batik Pariangan. Motif batik yang diserahkan kepada pembatik Pariangan adalah hasil penelitian Prof. Dr. Herwandi, M.Hum dan sudah memiliki HKI.

Acara ini dilaksanakan di Rumah Batik Pariangan dan dihadiri oleh lebih kurang 20 orang pengrajin batik di Pariangan. Turut hadir pula pelopor dan penggerak batik Pariangan Irwan Malin Basa serta, ketua MPTD Harry Prima Hidayat, LSM, Ormas serta awak media. Acara ini mendapat sambutan yang luar biasa dari seluruh peserta yang hadir.

Prof. Herwandi mengatakan bahwa acara Pokok dalam kegiatan ini adalah penyerahan motif batik Minang yang merupakan hasil kajian beliau selama menjadi seorang akademisi dan peneliti. “Ada 34 motif yang di  serahkan kepada pembatik Pariangan untuk dijadikan motif batik. Tidak ada komitmen apapun. Saya serahkan untuk dibuat dan dikembangkan di Tanah Datar ” jelas Herwandi.

Dalam sambutannya ketua MPTD Harry Prima Hidayat memaparkan bahwa MPTD siap selalu untuk membantu dan membina pengembangan UKM di Tanah Datar. “Kita akan sampaikan pesan dan harapan pembatik ini kepada bupati dan wakil bupati Tanah Datar terpilih Eka Putra dan Richi Aprian. Kita akan jembatani ini terus” tegas Harry Prima Hidayat.

Harapan dari para pembatik seperti yang dikemukakan Zelmawati agar ada program peningkatan skill mewarna untuk batik. “Masih banyak skill yang harus dipelajari agar warna batik kita lebih mantap. Bisa saja pemerintah mengirim pembatik lokal untuk belajar teknik mewarnai ke Solo atau Jogja” ujar Zelmawati.

Acara diakhiri dengan penanda tanganan MOU serta serah terima motif batik Minang dan makan bersama. Dalam penutupnya Irwan Malin Basa mewakili seluruh pembatik mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada Prof. Herwandi serta LPPM Unand. Dan terimakasih pula kepada MPTD dan awak media yang hadir.(Boy)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *