News  

M.Shadiq Pasadigoe Membuktikan Kemanjuran Pupuk Organik Super Eco Farming

Sungaitarab,metrosumatranews.com.

Bupati Tanah Datar dua periode 2005 – 2010 dan 2010 -2015 M.Shadiq Pasadigoe membuktikan kemanjuran pupuk organik super Eco Farming pada lahan sawah miliknya di Simpuruik Kecamatan Sungai Tarab Tanah Datar.

Refi yang menggarap sawah tersebut mengakui bahwa pemberian pupuk Eco Farming yang dilakukanya dua tahab penyemprotan sebelum tanam satu kali dan berikutnya setelah padi berusia satu bulan.Selain Eco Farming juga diberikan pupuk kompos serta pupuk akimia sebagai pendamping.

Kamis 27 Pebruari ketika wartawan media ini melakukan pengamatan langsung ke lokasi sawah yang sudah hampir panen itu menyaksikan padinya cukup subur dan buahnya sempurna ( lebat) dibandingkan dengan padi sejenis disebelahnya sangat jauh bedanya meskipun belum maksimalnya map penggunaan pupuk Eco Farming ya yang seharusnya 4 kali penyemprotan.

Jumlah anakan yang dihitung di lapangan berjumlah rata rata 49 batang satu rumpun sedang Padi sebelahnya memakai pupuk kimia hanya 27 Batang saja.

Sejumlah petani yang satu hamparan dengan sawah tersebut memang berdecak kagum dengan kondisi sawah mantan orang nomor satu Luhak Nan Tuo itu Kalau sawah Pak Shadiq ini mang bagus hasilnya memakai pupuk Eco Farming Insyaalloh kami akan mencoba pula pada sawah kami janji petani lain kepada awak media ini Kamis itu.

Sedangkan M.Shadiq Pasadigoe menyebutkan pula tujuan.mencoba pupuak organik itu memang untuk mendapatkan bukti apa benar pupuk Eco Farming bisa meningkatkan hasil dan mengurangi pemakaian pupuk kimia apa lagi pupukmkimia selain sulit juga mahal saat ini ujarnya.  Diakuinya untuk tanaman jeruk lemon di Talago Gunuang memang eudahbterbukti lebih baik hasilnya ulasnya lagi . Semoga saja sawah saya ini dapat dijadikan Baro meter bagi petani di daerah Tanah Datar  ini tambahnya lagi.(M/STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *