News  

Masyarakat Jorong Nan IX Nagari Salimpaung Laksanakan Pemilihan Kepala Jorong di Masjid Nurul Ikhlas Berjalan Sukses

Salimpaung,metrosumatranews.com.          Kepala Jorong Nan IX Multa Ekris mengundurkan diri kepada Wali Nagari Salimpaung beberapa minggu karena ada kegiatan lainnya.

Wali Nagari Salimpaung Drs.Marjohan langsung menanggapi bersama perangkatnya dengan mengundang tokoh masyarakat, Datuk Ninik Mamak, Pemuda, Bundo Kanduang, Alim Ulama, Cadik Pandai bertemu sekaligus musyawarah di Masjid Nurul Ikhlas Nan IX yang kini dalam pembangunan kubah Jum’at malam 22/01/2021.

Alhamdulillah kata Wali Nagari dalam sambuatannya hadir lengkap, sebagaimana kita ketahui bahwa Kepala Jorong telah mengundurkan diri, berarti Kepala Jorrong Nan IX tidak ada bagaimana menurut kita, langsung ada kesepakatan adakan saja pemilihan Kepala Jorong.

Marjohan pun sampaikan, dalam pemilihan nantinya siapa yang terpilih ya itulah Wali Jorong kita bersama, dan mari bekerja sama dalam membangun jorong kedepannya, sebelum pemilihan tentu ada Calon untuk itu teknis kita serahkan ke Sekretari Nagari melaksanakannya.

Y.Dt.Rajo Sampono selaku Ketua BPRN Salimpaung dalam antaran katanya sampaikan, rasa terima kasihnya kepada Wali Jorong yang mundur atas partisifasinya dalam melaksanakan tugas selama ini, dan yang baru sesuai dengan aturan perundang-undangan atau Perda, Calon berumur minimalnya  20 tahun maksimalnya 42 tahun, pendidikan minimalnya SLTA, tidak terlibat Partai Politik, tidak pernak terjerat hukum, bisa baca Al-Qur’an, mengerti masalah Adat, pernyataan bersedia menjadi Kepala Jorong.

Kendati yang terpilih nanti hendaknya bisa menjalin kerjasama antar elemen masyarakat yang ada, dan yang tidak terpilih berbesar hati menerimanya jangan sampai membiarkan Kepala Jorong berjalan sendiri, mari bersama-sama bahu membahu  membangun jorong kita ini.

Sekretaris Nagari Salimpaung memandu dalam pemilihan Kepala Jorong dengan terlebih dulu sesuai aturan ada Calon dengan memenuhi persyaratan, lalu Calon diapungkan masyarakat adalah No urut 1. Welmen Hengky, No urut 2. Beri Fernando dan No urut 3. Khairul Hamdi.

Peserta rapat meminta masing-masing Calon mmenyammpaikan sepatah kata dihadapan ramai sekaligus mengaji dua ayat, langsung dipergulirkanlah penampilan para calon dimeja pedium.

Pemilihan dengan sistem voting  pakai kertas suara terbanyak terpilih jadi Kepala Jorong, berjalan mulus musyawarah pemilihan Kepala Jorong Nan IX Welmen Hengky peraih suara terbanyak 50 suara,disusul Beri Fernando 44 suara, sedangkan Khairul Hamdi 14 suara.

Usai sudah pemilihan Kepala Jorong Ketua BPRN Salimpaung Y.Dt.Rajo Sampono  mengharap para calon memenuhi perlengkapan persyaratan dan seandainya yang terpilih tidak melengkapinya, maka peraih suara terbanyak dua naik jadi Kepala Jorong, dan peserta rapat menyetujui. .

Riswanto ketika diminta keterangannya metrosumatranews.com dalam pemilihan Kepala Jorong merasa bangga melihat semangat masyarakat Jorong Nan IX, sebab baru kali ini melaksanakan pemilihan Kepala Joong yang Demokrasi, mudah-mudahan yang terpilih dapat menjalankan amanah kita bersama. (STM)

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *